Pernahkah kamu memperhatikan bagian ujung rambut? Terutama jika kamu memiliki rambut yang panjang. Apakah rambutmu aman sentosa, sehat dan kuat? Atau tanpa kamu sadari ternyata kamu memiliki rambut bercabang? Memang rambut bercabang selain merupakan tanda bahwa rambutmu dalam kondisi tidak sehat, rambut yang bercabang juga mengganggu penampilan. Hari ini kita akan membantu kamu nih Ladies and Gentlemen, dengan tips-tips untuk mengatasi rambut bercabang.

Dalam dunia medis, rambut bercabang disebut trichoptilosis, di mana ketika batang rambut terbagi dua menjadi dua bagian. Rambut bercabang bisa disebabkan oleh terpapar bahan kimia. Batang rambut yang terbelah menjadi dua bagian terasa kering dan rapuh. Bahan warnanya ada yang berubah menjadi kecoklatan dan sangat terlihat tidak sehat.

Ciri-Ciri Rambut Bercabang

Rambut Keriting Bercabang

Rambut yang bercabang tentu memiliki ciri-ciri pada batang rambut yang terbagi menjadi dua bagian, atau bahkan tiga bagian.

Rambut bercabang sangat kering dan rapuh, Ladies and Gentlemen bahkan bisa dengan mudah mematahkan rambut bercabang. Maka mudah patah adalah ciri rambut bercabang selanjutnya.

Rambut yang mudah patah disebabkan karena rambut yang kering. Rambut yang kering tentu membuat tampilan rambutmu tidak sehat, apalagi jika rambut bercabang sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Yah, jika tidak segera ditangani akan memperparah kondisi loh.

Penyebab Rambut Bercabang

Mungkin selama ini kamu memiliki rambut bercabang yang tidak kamu sadari, atau mungkin kamu sedang berusaha merawat rambutmu kembali. Sebaiknya hindari penyebab-penyebab yang membuat rambut kamu bercabang dan tidak sehat. Apa saja sih penyebabnya?

1. Cara Membersihkan Rambut yang Salah

Shampo adalah produk perawatan yang paling sering kita gunakan. Pastikan Ladies and Gentlemen memilih shampo yang tepat untuk digunakan ya. Apalagi jika Ladies and Gentlemen memiliki rambut keriting, produk shampo yang membuat rambut kering sangat tidak disarankan. Selain membuat rambut menjadi kering dan mengembang, batang rambut juga menjadi korban kekeringan sehingga bercabang. Yah, jadi double deh masalah rambutnya.

Baca juga: 7 Tips Memilih Shampoo untuk Rambut Keriting

Ladies and Gentlemen sudah tahu bahwa shampo dengan kandungan sulfate sungguh tidak disarankan, selain itu perhatikan juga manfaat atau varian shampo sesuai dengan kondisi rambut Ladies and Gentlemen ya. Perhatikan juga suhu air saat membilas rambut, mungkin saat kamu sedang kedinginan dapat sesekali menggunakan air hangat, tapi jangan terlalu sering ya.

2. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner rambut bercabang

Seperti yang sudah Ladies and Gentlemen ketahui, kondisioner dapat membantu menutrisi dan merawat batang rambut yang kering. Menggunakan kondisioner dengan benar juga dapat mencegah rambut bercabang. Tetap hindari kulit kepala saat penggunaan kondisioner dan pastikan kondisioner merata hingga ke semua batang rambut. Untuk hasil yang lebih maksimal, Ladies and Gentlemen sebaiknya menggunakan kondisioner dengan varian sama dengan shampo.

3. Proses Pengeringan rambut yang salah

Mengeringkan rambut yang salah

Proses mengeringkan yang salah dapat menyebabkan rambut bercabang. Jadi, bagaimana sih mengeringkan rambut yang benar? Lebih baik gunakan handuk yang lembut dan tidak menggosok rambut terlalu kuat karena akan membuat rambut menjadi rentan, patah atau bercabang. Tepuk-tepuk rambut dengan handuk lembut sampai airnya tidak menetes lagi.

4. Penggunaan Hair Styling Tools

Penggunaan Hair Styling Tools

Hair styling tools atau alat-alat yang mengeluarkan panas tentu akan merusak rambut. Untuk membilas dengan air hangat saja tidak disarankan, apalagi menggunakan hair styling secara sering. Hair dryer atau catokan memang membantu untuk membuat tampilan rambut menjadi indah,  jika terpaksa menggunakannya sebaiknya gunakan serum atau vitamin rambut.

5. Terlalu Sering Mengikat Rambut

Terlalu Sering Mengikat Rambut

Jika kamu pemilik rambut panjang tentu kamu akan terus mengikat rambut saat melakukan aktivitas. Sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kencang karena akan membuat rambut rapuh sehingga patah. Biarkan rambut tergerai sesekali agar bisa bernapas.

6. Jarang Trimming

Mengapa sih trimming diperlukan? Trimming  sebetulnya berguna untuk memaintenance rambut kamu terutama jika rambutmu panjang. Rambut panjang rentan bercabang karena nutrisi yang didapat mungkin tidak sampai ke batam rambut.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Cari tahu penyebabnya

cari tahu penyebab rambut bercabang

Untuk mengatasi masalah tentu harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Kira-kira dari penyebab-penyebab di atas, manakah yang sering kamu lakukan? Jika sudah tahu penyebabnya, segera atasi agar rambut kamu kembali sehat.

Gunakan produk yang tepat

produk yang sesuai dengan rambut keriting

Ladies and Gentlemen tentu orang yang paling tahu kondisi rambut diri sendiri, carilah produk-produk yang sesuai dengan kondisi rambut kamu. Hindari kandungan-kandungan berbahaya yang akan menimbulkan masalah rambut yang lain. Seperti yang sudah disampaikan, sebaiknya produk yang kamu gunakan merupakan satu varian hingga hasilnya lebih maksimal.

Baca juga:

Lakukan perawatan rambut dengan rutin

Perawatan rambut bercabang

Masker rambut atau pijatan dengan menggunakan minyak alami tidak ada salahnya untuk perawatan rutin batang rambut yang rusak. Selain bermanfaat untuk mengatasi rambut bercabang, melakukan perawatan diri rutin juga dapat menghilangkan stres dan memiliki waktu sendiri.

Perlakukan dengan Lembut

Cintai rambut keriting Anda

Dalam kondisi buru-buru seringkali kita memperlakukan rambut dengan seadanya atau kasar. Seperti menyisir dengan menarik rambut yang kusut sehingga membuatnya mudah patah. Saat menyisir rambut juga perlu diperhatikan jenis sisir yang kamu gunakan ya. Jika rambutmu kusut, gunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari rambut patah dan rontok.

Baca juga:

Cara mengeringkan rambut juga perlu diperhatikan. Handuk yang lembut lebih disarankan. Jangan menggosok rambut dengan kasar menggunakan handuk yang kasar pula. Rambut menjadi kasar, kusut, dan kering. Sebaiknya tepuk-tepuk rambut dengan handuk lembut sampai airnya tidak menetes lagi. Sama seperti kita, rambut juga ingin diperlakukan dengan lembut loh.

Gunakan serum rambut

Serum rambut keriting

Selain ingin diperlakukan dengan lembut, rambut juga butuh serum atau vitamin rambut yang dapat menutrisi rambut hingga ke ujung. Serum dan vitamin rambut ini memang membantu ujung rambut mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Jika kamu melakukan dengan konsisten, yakin deh kamu akan jauh dari rambut bercabang.

Baca juga: Panduan Membeli Masker Rambut (Hair Mask) yang Tepat

Apakah rambut bercabang harus dipotong?

Jawabannya adalah IYA! Rambut bercabang harus dipotong dan di bawah ini merupakan alasan rambut bercabangmu sebaiknya dipotong.

Rambut bercabang parah

Rambut berabang yang parah biasanya berubah warna dan cabangnya sangat terlihat. Jika cabang rambut lebih dari 2-3 cm, kamu dapat memilih opsi untuk memotongnya.

Mudah patah

Rambut bercabang biasanya memang mudah patah. Jika bagian ujung rambutmu sangat rentan dan mudah patah, kamu dapat memotong bagian ujungnya agar sisa rambut yang tertinggal hanyalah rambut yang sehat.

Bertekstur kasar

Kamu merasa tekstur batang rambutmu kasar atau bersisik. Maka itu adalah bagian rambut yang rusak. Jika kamu merasa itu terlalu banyak dan mengganggu, kamu dapat memotong bagian rambut yang rusak.

Rambut terlihat kusam

Rambut kusam memang mengganggu penampilan karena terlihat tidak sehat. Jika kamu tidak sabar untuk menunggu rambutmu kembali sehat, kamu dapat memotong rambutmu agar tidak mengganggu penampilan. Tapi jangan lupa tetap lakukan perawatan rutin agar rambut yang tumbuh adalah rambut yang sehat.

Baca juga:

Masalah rambut bercabang memiliki penyebab yang banyak juga. Cara mengatasinya tentu harus kita ketahui terlebih dulu nih apa penyebabnya. Perawatan yang rutin dan sabar serta perlakuan yang baik terhadap rambut kamu juga berpengaruh pada hasilnya. Atau kamu dapat memotong bagian yang rusak, dengan catatan kamu harus tetap melakukan perawatan rutin. Karena tentu saja perawatan tidak menghianati hasil. Selamat memilih!