Penampilan rambut seseorang menunjukkan terkadang mencerminkan kepribadiannya. Menggunakan produk rambut yang tepat merupakan salah satu cara untuk memastikan rambut kita selalu terlihat sehat. Tetapi dengan begitu banyak produk rambut yang tersedia secara online dan banyaknya review yang juga bagus, bagaimana Anda tahu apa yang paling cocok untuk Anda? Tanpa panjang lebar, berikut adalah panduan untuk membantu Anda memilih produk perawatan yang tepat untuk rambut Anda!

Contents

1. Mengenali tekstur, kondisi dan jenis rambut

Setiap orang memiliki jenis dan tekstur rambut yang berbeda yang secara kasar dapat dikategorikan menjadi; rambut lurus, rambut bergelombang, keriting tipe 3 dan tipe 4. Masing-masing jenis rambut ini biasanya membutuhkan produk yang berbeda karena memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Seseorang dengan rambut halus lebih cocok menggunakan produk yang ringan agar tidak memberatkan helai rambutnya serta produk yang akan menambah volume dan memperkuat helai rambut. Sementara orang dengan rambut keriting akan membutuhkan lebih banyak produk yang siftanya melembabkan untuk mengatasi kekeringan rambut. Penting juga untuk diperhatikan bahwa jenis rambut Anda mungkin tidak sepenuhnya termasuk dalam satu kategori saja.

2. Kebutuhan khusus

Setelah mempersempit daftar produk Anda sesuai dengan jenis, kondisi dan tekstur rambut Anda, langkah selanjutnya adalah menentukan apa yang sebenarnya dibutuhkan rambut Anda. Jika rambut Anda sangat kering atau berminyak, Anda harus membeli produk yang bisa membantu mengatasi hal itu. Rambut berminyak biasanya membutuhkan minyak yang lebih ringan dan sampo yang lebih lembut sementara rambut kering atau rusak membutuhkan produk pelembab untuk memberikan kelembapan yang sangat mereka butuhkan. Rambut yang diwarnai juga membutuhkan produk yang melembapkan dan lembut seperti sampo bebas sulfat. Untuk kebutuhan lain seperti kondisi rambut berketombe, carilah produk yang memang didesain khusus untuk masalah ketombe.

3. Kenali brand produk rambut Anda

Anda harus mengetahui brand produk rambut yang dibicarakan semua orang, baik dan buruk produk tersebut. Seperti yang kita ketahui, jumlah perusahaan yang mengikuti tren rambut alami terus meningkat setiap tahun, maka dari itu Anda harus pintar-pintar melakukan riset untuk mengetahui jenis bahan yang mereka gunakan, cara mereka menggunakannya (formulasi produk), dan perbandingan kualitas, kuantitas dan harganya.

4. Kenali bahan atau ingredients produk rambut Anda

Meskipun Anda mungkin mengetahui tekstur dan kebutuhan rambut Anda, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan sebelum membeli produk adalah memeriksa daftar bahannya. Mungkin sulit untuk memahami semua nama bahan yang tercantum dalam produk, tetapi salah satu hal utama yang harus diperiksa adalah beberapa bahan pertama.

Misalnya, jika Anda membeli produk yang melembabkan rambut, maka produk seperti gliserin, aqua harus berada di antara tiga atau empat item teratas. Biasanya iingredient produk semakin ke bawah, konsentrasi bahannya lebih rendah.

Di sisi lain, Anda juga bisa alergi terhadap bahan tertentu dan Anda pasti ingin tahu produk yang Anda beli tidak mengandung bahan tersebut. Misalnya Anda alergi dengan kandungan lidah buaya atau minyak kelapa (ya, percaya atau tidak beberapa orang alergi terhadap bahan-bahan ini), ya jangan membeli produk dengan kandungan aloe vera atau lidah buaya atau minyak kelapa.

5. Sesuaikan produk dengan budget Anda

Tips terakhir ini dibangun dari tips sebelumnya. Jika Anda terbiasa dengan bahan-bahan produk, Anda tidak akan tertipu oleh pemasaran yang biasanya tertulis di label kemasan yang cantik. Ketika Anda mengetahui bahan-bahan yang Anda butuhkan, Anda tahu apa yang akan Anda bayar dan Anda tidak membuang uang untuk produk yang buruk.

Rambut Anda mungkin tidak menyukai formulasi produk (di sinilah trial and error terjadi) tetapi setidaknya Anda tahu bahwa bahan-bahan di dalamnya bagus dan tidak berbahaya bagi rambut Anda atau membuat Anda menjadi ‘boros’ karena membeli produk rambut yang tidak berguna.

Secara umum, produk yang diformulasikan dengan baik akan didasarkan pada bahan alami atau turunan alami dan biayanya antara 80.000 – 150.000 Rupiah, atau lebih. Terlepas dari ini, selalu pastikan Anda membaca daftar bahannya.

Saya harap beberapa panduan ini akan membantu proses pembelian produk rperawatan rambut Anda dan juga membantu menghemat waktu dan uang Anda. Akan tetapi, seperti yang Anda lihat, Anda memiliki beberapa PR yang harus dilakukan, yaitu memahami kebutuhan rambut dan bahan untuk produk Anda. Namun, jangan khawatir untuk mencoba terburu-buru, hal ini adalah proses dan Anda akan menjadi lebih mahir dengan lebih banyak berlatih dan mencoba tentunya.

Pin It on Pinterest

Share This