Kamu masih bingung menentukan produk dan gaya yang sesuai dengan rambut keritingmu? Cara mudah mengetahuinya adalah dengan mengenal tipe rambut yang kamu miliki. Ternyata rambut keriting memiliki beberapa tipe yang jarang diketahui. Rambut keritingmu mungkin berbeda dengan rambut keriting teman kamu atau bahkan saudara kamu sendiri. 

Di artikel kali ini, kita akan membahas jenis-jenis atau tipe rambut keriting yang ada di dunia. Nah, tingkat keikalan rambut dibedakan menjadi 4 kategori, yaitu rambut lurus (Tipe 1), Wavy Hair atau rambut bergelombang (Tipe 2), Curly Hair (Tipe 3) dan Coily hair (Tipe 4). Tidak hanya 4 tipe tersebut, ada pula sub kategori – dari A ke C – yang berdasarkan pada diameter wavy, curly atau coily.

Sistem pembagian jenis atau tipe rambut ini dibuat oleh Andre Walker, seorang penata rambut terkemuka dari Amerika Serikat. Awalnya beliau membuat kategori jenis rambut ini untuk produk yang ia rilis, tetapi akhirnya sistem kategori ini digunakan secara luas.

Yuk, kenali berbagai tipe rambut dari tingkat keikalannya. Kira-kira kamu yang mana nih?

Contents

Tipe 1: Rambut Lurus (Straight Hair)

Berdasarkan tingkat keikalan, rambut lurus atau straight hair dapat dikategorikan sebagai rambut tipe 1. Jenis rambut di tipe ini memiliki kelurusan dari pangkal hingga ujung rambut dan hampir tidak memiliki tingkat kelengkungan sama sekali. Rambut tipe ini banyak diminati dan sangat mudah diatur. 

Namun tipe rambut lurus memudahkan minyak lebih mudah turun, sehingga membuat tampilan rambut lebih cepat lepek. Untuk mengontrolnya, para ahli menyarankan untuk mencuci rambut setiap 3 hari sekali agar produksi minyak di kulit kepala tidak berlebihan.

Jenis rambut lurus atau Tipe 1 dapat dibagi lagi menjadi dua, yaitu Tipe 1A, 1B, dan 1C.

Tipe 1A

Rambut yang sangat lurus seperti di iklan sampo adalah tipe rambut 1A. Rambut ini tidak memiliki ikal, tipis, dan helainya juga halus. Tipe rambut ini sangat mudah terlihat lepek karena minyak dari kulit kepala mudah meluncur ke batang-batang rambut. Karena sifat alaminya yang halus dan “jatuh” rambut Tipe 1A juga cukup sulit mempertahankan bentuk styling, serta terlihat flat jika tidak dirawat dengan baik.

Tipe 1B

Tipe rambut ini mungkin adalah jenis rambut yang paling banyak ditemukan. Rambut lurus ini memiliki sedikit lengkungan dan bertekstur lembut dan halus. Tipe rambut 1B ini juga low maintenance, serta memiliki volume yang alami karena adanya sedikit ikal.  

Tipe 1C

Berlanjut ke tipe rambut lurus lainnya, karakteristik rambut Tipe 1C juga memiliki sedikit ikal dan terlihat ber-volume secara alami. Bedanya, rambut 1C lebih tebal dan kasar jika dibandingkan Tipe 1A dan 1B, sehingga membuatnya lebih sulit untuk ditata. Tipe rambut 1C juga mudah terlihat berminyak, namun di saat yang sama juga terlihat penuh, tebal, dan ber-volume.

Tipe 2: Rambut Bergelombang (Wavy Hair)

Tipe rambut keriting 2
Tipe rambut keriting 2

Tipe rambut kedua lebih umum dikenal sebagai rambut bergelombang, rambut ikal,  atau wavy. Rambut tipe ini merupakan percampuran antara rambut lurus dan keriting. Untuk menjaga ikalnya tetap indah alami, kamu perlu memberi jeda mencuci rambut selama 2-3 hari sekali dan tidak banyak menggunakan produk yang membebani rambut.

Rambut tipe 2 atau tipe rambut bergelombang ini sendiri dibagi menjadi sub-kategori lagi yaitu:

Tipe 2A

Scarlett Johansson, Maudy Ayunda dan Arizone Muse dengan gaya rambut keriting tipe 2A
Scarlett Johansson, Maudy Ayunda dan Arizone Muse dengan gaya rambut keriting tipe 2A

Jenis rambut gelombang tipe 2A memiliki karakteristik rambut yang lebih mudah diatur dan ditata. Tingkat keikalannya tidak lebih dari 10% sehingga mudah ditata seperti rambut lurus. Kamu bisa melihat tipe rambut ini pada Arizone Muse, Scarlett Johansson, hingga Maudy Ayunda.

Tipe 2B

Model rambut ikal mirip Salma Hayek ini cenderung lurus di bagian atas, kemudian bergelombang dari bagian tengah sampai ke bawah. Bagi kamu yang memiliki jenis rambut ini, ada baiknya selalu memastikan kelembapannya terjaga. Sebab, rambut tipe 2B cenderung mudah mengembang dan tampak berantakan jika tidak dirawat dengan baik.

Rambut Keriting Salma Hayek
Salma Hayek

Tipe 2C

Rambut ikal tipe 2C ini memiliki bentuk yang lebih terdefinisi dan rapat. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner agar rambut terjaga kelembapannya, karena dibandingkan dengan rambut tipe 2 lainnya, rambut ini lebih mudah mengembang. Contoh pemilik rambut tipe ini adalah Lorde.

Rambut keriting Lorde
Lorde

Tipe 3: Rambut Keriting (Curly Hair)

Tipe Rambut Keriting 3
Tipe Rambut Keriting 3

Rambut Tipe 3 bisa disebut sebagai rambut keriting atau curly. Tingkat keikalan rambut di tipe ini melebihi 50% dan cenderung sulit untuk ditata. Jenis rambut ini lebih rentan kusut, jadi jika kamu memiliki tipe rambut ini, kamu harus lebih hati-hati dalam melakukan perawatannya. Disarankan untuk mencuci rambut kurang lebih seminggu sekali saja agar kelembapan rambut tidak cepat hilang.

Tipe curly hair terbagi menjadi 3 kategori yaitu 3A, 3B, dan 3C.

Tipe 3A

Rambut keriting Zendaya
Zendaya

Apakah kamu memiliki tipe rambut yang sama dengan Zendaya? Maka kamu memiliki tipe rambut 3A. Tipe ini merupakan gabungan antara curly dan wavy. Keikalan tipe rambut curly 3A ini dimulai dari pangkal rambut sampai ke bawah. Aksen atau lengkungan tipe rambut ini cenderung lebih besar dan berjarak.

Tipe 3B

Rambut keriting Leona Lewis
Leona Lewis

Tipe rambut curly 3B memiliki aksen atau lengkungan berbentuk spiral. Tipe rambut ini sangat menarik dan diminati karena bervolume lebat, memberikan kesan penuh pada wajah namun masih mudah diatur. Gunakan vitamin rambut secara rutin yang sesuai untuk tipe rambut kamu agar tidak ada bagian yang kusut, kasar, dan bercabang yang akan merusak tampilan rambut secara keseluruhan.

Tipe 3C

Rambut Keriting Yara Sayeh Shahidi
Yara Sayeh Shahidi

Tipe rambut curly 3C memiliki aksen dan lengkungan berbentuk spiral seperti 3B, hanya saja lengkungan pada tipe rambut ini lebih rapat. Lengkungan pun sudah dimulai dari pangkal rambut hingga ke bawah. Tipe rambut ini sepertinya akan bermusuhan dengan angin karena ringan dan mudah kusut. Ciri lain tipe rambut ini adalah mudah terbentuk simpul saat sedang disisir. Disarankan untuk menggunakan hair cream saat rambut sedang basah.

Tipe 4: Coily Hair

Rambut Keriting Tipe 4
Rambut Keriting Tipe 4

Tipe rambut yang terakhir adalah coily hair atau yang umum disebut sebagai afro atau kribo. Lengkungan atau aksen tipe rambut ini sangat rapat dan memiliki volume rambut yang lebih lebat dibanding tipe-tipe sebelumnya. Aksen ikalnya pun sangat rapat dimulai dari pangkal rambut sampai ke ujung rambut. Seperti rambut curly, rambut coily sebaiknya tidak terlalu sering dicuci agar kelembapannya tidak cepat hilang dan menimbulkan banyak masalah rambut.

Sama seperti tipe rambut sebelumnya, tipe rambut ini dibagi menjadi 4 sub-kategori, yaitu tipe 4A, 4B, dan 4C.

Tipe 4A

Tipe rambut coily 4A disebut juga memiliki keikalan menyerupai helai benang renda atau benang rajut. Dibanding dengan tipe 4B dan 4C, keikalan tipe 4A tidak terlalu rapat. Disarankan untuk menggunakan pelembap tanpa dibilas untuk tipe rambut ini. Dalam kondisi kering, tipe rambut 4A akan terlihat lebih pendek daripada ukuran aslinya karena rambut akan menggumpal ke atas.

Rambut keriting Yaya Dacosta
Yaya Dacosta

Tipe 4B

Aktris Teyonah Parris adalah salah satu contoh figur yang memiliki tipe rambut 4B ini. Aksen ikal pada rambut tipe ini sudah sangat padat dan semakin mengecil menyerupai pilinan. Jika dibiarkan memanjang maka rambut tipe ini akan mengembang dan melebar sehingga terlihat lebih pendek dari ukuran aslinya. Jika rambut tipe ini ditata dengan berbagai kreasi akan menonjolkan tekstur wajah dan lebih terlihat menarik.

Rambut keriting Teyonah Parris
Teyonah Parris

Tipe 4C

Tipe rambut coily 4C dianggap paling rentan mengalami penyusutan hingga mencapai 75%. Tipe 4C memiliki tingkat keikalan yang sudah sangat rapat dan padat sehingga rambut keritingnya sudah tidak tampak lagi. Ketika dipotong pendek atau dipangkas, tipe 4C membentuk tekstur menyerupai zigzag. Perawatan rambut tipe 4C harus benar-benar diperhatikan agar rambut terhidrasi dengan baik. Untuk pemilik rambut tipe 4C, kamu bisa melihat gaya rambut Lupita Nyong’o sebagai inspirasi.

Rambut keriting Lupita Nyong'o
Lupita Nyong’o

Sulit menentukan tipe rambut kamu karena ciri-cirinya mirip ke dalam dua tipe rambut atau bahkan lebih? Tenang saja, kamu mungkin memiliki kombinasi dari beberapa jenis rambut atau tidak benar-benar cocok dengan satu kategori atau subkategori. Hal ini normal karena setiap pribadi adalah unik.

Jadi, apakah sudah terjawab tipe rambut ikal yang kamu miliki?

Setelah kamu mengenal tipe rambut kamu, kini kamu dapat menentukan perawatan apa saja yang tepat untuk rambut kamu. Berbagai permasalahan rambut keriting muncul ketika rambut tidak terhidrasi dengan baik, jadi carilah produk yang dapat menjaga kelembapan rambut kamu agar menjadi lebih mudah ditata dan terlihat lebih menarik.

Pin It on Pinterest

Share This