Merawat rambut keriting merupakan hal yang susah-susah gampang. Perawatannya tentu berbeda dengan rambut lurus. Tak jarang pemiliknya menyerah dan ingin melakukan pelurusan rambut saja agar mudah diatur. Padahal jika dirawat dengan baik, rambut keriting atau ikal yang bervolume akan terlihat sangat menarik dan manis. Masalah yang sering dialami adalah rambut kering dan mengembang. Solusi untuk menjaga rambut keriting tidak kering dan mengembang adalah menjaga rambut untuk tetap lembab. Bagaimana sih cara menjaga kelembaban rambut?

So, Ladies and Gentlemen simak beberapa cara berikut ini!

1. Kurangi Frekuensi Keramas

Keramas rambut keriting

Kita mulai dari hal dasar dulu ya yaitu persoalan mencuci rambut. Berbeda dengan rambut lurus yang menghindari kondisi lepek dengan keramas, rambut keriting lebih baik tidak terlalu sering keramas. Karena cara terbaik untuk melembabkan rambut adalah dengan menggunakan minyak alami rambut. Terlalu sering keramas akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat rambut lebih kering dan mengembang. Kandungan deterjen dalam sampo akan membuat rambut semakin kering dan malah memicu timbulnya ketombe. Hindari keramas menggunakan air bersuhu tinggi, ini akan mengikis kelembaban alami kulit kepala dan membuatnya mudah iritasi. Jadi mandi air dingin aja ya, Ladies and Gentlemen!

2. Gunakan Sampo Non-Sulfate

Sampo Non-Sulfate atau sulfate-free memiliki kandungan deterjen yang rendah. Sampo dengan kandungan deterjen yang rendah lebih baik untuk rambut keriting. Biasanya sampo dengan kandungan deterjen yang tinggi menghasilkan busa yang banyak. Ternyata ini nggak baik loh untuk kulit kepala! Tapi bukan berarti bisa keramas setiap hari meskipun menggunakan sampo Non-sulfate ya.

Ladies and Gentlemen bisa melihat komposisi sampo terlebih dahulu sebelum membelinya untuk memeriksa apakah mengandung sulfate atau tidak. Biasanya di Indonesia jarang sekali ditemukan sampo non-sulfate, tapi jangan khawatir dan jangan lelah untuk mencari tahu.

3. Pakai Kondisioner Setelah Keramas

Jangan melupakan kondisioner! Penggunaan kondisioner setelah keramas dapat membantu rambut keritingmu menjadi lebih halus dan mudah diatur. Disarankan untuk gunakan kondisioner khusus yang sesuai dengan kebutuhan rambut kamu atau kondisoner varian yang sama dengan sampo yang kamu gunakan agar hasilnya lebih maksimal.

4. Kurangi Penggunaan Alat Pemanas Rambut

Siapa nih penggemar hairdryer? Lebih baik ditinggalkan ya Ladies and Gentlemen, karena suhu panasnya akan merusak rambut kamu. Rambut akan menjadi semakin kering dan mengembang. Lebih baik gunakan handuk lalu tepuk-tepukan ke kepala dan ujung rambut sampai airnya menyerap atau biarkan rambut kering secara alami. Hindari juga menggunakan alat pemanas lainnya seperti catokan. Nggak mau rambut keriting kamu semakin rusak kan? Simpan jauh-jauh alat pemanas rambut yang ada di rumah supaya tidak ada lagi godaan untuk menggunakannya.

5. Gunakan Handuk Berbahan Halus

handuk microfiber rambut keriting

Ternyata handuk juga berpengaruh dalam perawatan rambut keriting kamu. Handuk yang kasar akan membuat rambut kamu semakin kering dan mengembang. Disarankan menggunakan handuk micro fiber atau ada cara yang lebih ekonomis nih Ladies and Gentlemen, yaitu dengan menggunakan kaos bekas yang sudah tidak terpakai untuk mengeringkan rambut. Hindari menggosok-gosokan handuk dengan kasar, seperti tips sebelumnya lebih baik ditepuk-tepukkan saja hingga air terserap sampai rambut kering.

6. Gunakan Sisir Berbahan Kayu dan Bergigi jarang

Sisir rambut keriting

Kenapa harus sisir kayu sih? Ternyata sisir berbahan plastik saat digunakan menghasilkan listrik statis yang akan membuat rambut menjadi rapuh dan kusut. Jadi sebaiknya ganti dengan sisir berbahan kayu saja. Pilih sisir bergigi jarang, menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat akan merusak bentuk ikal atau keriting rambut. Apalagi dilakukan saat rambut dalam keadaan kering. Sisir bergigi jarang mencegah rambut tersangkut pada sisir dan membuat rambut kusut. Untuk lebih mudahnya lagi, kalian bisa menggunakan jari-jari tangan saja untuk menyisir rambut. Simple kan!

Meskipun sudah menggunakan sisir berbahan kayu dan bergigi jarang, tetap tidak disarankan untuk menyisir rambut terlalu sering. Karena dapat mengancurkan bentuk rambut keriting alami kamu.

7. Pilih Karet Rambut yang Tebal

ikat rambut keriting

Memiliki rambut keriting harus menatanya dengan hati-hati karena rambut keriting rentan mengalami patah. Jika sering mengikat rambut, pilihlah karet rambut yang tebal, berbahan kain yang lembut atau karet yang elastis dan tidak mengandung logam agar rambut tidak mengalami gesekan dan menjadi mudah patah.

8. Gunakan Masker dan Vitamin Rambut

Gunakan vitamin rambut secara rutin untuk membantu mearawat rambut. Pilihlah vitamin rambut yang mengandung protein yang membuat rambut lembut dan lembab. Jangan lupa perawatan lain seperti masker dan vitamin rambut. Masker rambut berfungsi untuk menguatkan batang rambut, gunakan dua minggi hingga sebulan sekali. Jangan terlalu sering creambath karena pijatan di kepala yang terlalu kasar dapat membuat rambut keriting rapuh dan mudah patah.

Ladies and Gentlemen, Itulah beberapa cara untuk merawat rambut keriting agar tidak kering dan mengembang. Caranya sederhana namun jika rutin dilakukan, dijamin hasilnya akan sangat worth it! Nggak perlu tergoda lagi untuk meluruskan rambut keriting kamu. Jangan lelah untuk terus mencari informasi tipe rambut kamu, dan kandungan produk yang kamu gunakan, lakukan dengan hati-hati jangan tergoda dengan iklan-iklan bergambar menarik akhirnya malah mengorbankan rambut yang sudah dirawat dengan baik.

Satu lagi Ladies and Gentlemen, jangan malas untuk melakukan hair routine di atas. Yuk bisa yuk! Tips lainnya adalah sabar. Karena mencintai diri adalah tetap sabar merawat diri sendiri meskipun sesekali tergoda dengan rambut tetangga. Selain itu kata peribahasa lama, tak kenal maka tak sayang. Jadi, Jangan lupa juga untuk mengenali tipe rambut keritingmu juga ya.

Pin It on Pinterest

Share This