Sebagai pemilik rambut keriting, kamu mungkin akan sering menghadapi masalah rambut kering. Kunci dari bentuk rambut keriting yang indah adalah menjaga kelembapannya. Pemilik rambut keriting sudah memiliki rambut yang bervolume karena keikalannya, jadi ketika batang rambut kering, rambut malah terlihat kusam dan tidak menarik.

Contents

Pengertian Rambut Kering

Rambut kering adalah kondisi di mana rambut kehilangan kelembapan alaminya dan cenderung terlihat kusam, kering, dan rapuh. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penggunaan produk perawatan rambut yang berlebihan, seringnya pemakaian alat-alat panas seperti hair dryer atau catokan, paparan sinar matahari berlebihan, pola makan yang tidak sehat, dan penggunaan bahan kimia yang keras pada rambut.

Rambut keriting yang kering memiliki tampilan yang tidak enak dilihat karena cenderung kusam, kaku, dan kurang berkilau. Karakteristik ini dapat membuat rambut terlihat tidak teratur dan sulit diatur. Selain itu, rambut keriting yang kering juga rentan terhadap kerusakan dan pecah-pecah karena kurangnya kelembapan alami yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas dan kekuatan rambut. Akibatnya, rambut dapat menjadi lebih sulit untuk diatur dan memerlukan perawatan ekstra untuk memperbaiki kondisinya.

Ciri-ciri Rambut Kering

Sebelum mencari cara bagaimana mengatasi rambut kering, kamu harus tahu dulu beberapa ciri-ciri masalah rambut kering agar kamu bisa memilih perawatan yang tepat untuk rambut kering keriting kamu!

1. Rambut Mudah Rontok

Menurut penelitian di situs kesehatan WebMD, kerontokan dengan jumlah rambut 50-100 helai per hari merupakan hal yang normal. Tapi jika kerontokan lebih dari 100 helai, kemungkinan besar rambut sedang mengalami masalah. Rambut rontok bisa menjadi salah satu ciri-ciri rambut kering karena kekurangan nutrisi, atau kutikula rambut yang rusak sehingga membuat batang rambut menjadi rapuh dan rontok.

2. Warna Rambut Kusam

Rambut yang kusam menandakan rusaknya kutikula dan protein rambut yang biasa disebut keratin. Biasanya dapat disebabkan karena paparan sinar matahari atau hair styling tools yang terlalu sering. Panas yang dihasilkan merusak melanin pada batang rambut. Ini dapat menyebabkan perubahan warna kemerahan yang seperti karat (proses oksidasi). Jika dibiarkan terus menerus, maka warna hitam rambut akan memudar. Tentu saja karena kehilangan kelembapannya, maka rambut yang kusam ini sudah pasti memiliki masalah rambut kering.

3. Rambut Tipis

Masih disebabkan oleh kekurangan nutrisi atau rusaknya batang rambut. Rambut yang kering biasanya lebih tipis dibandingkan dengan rambut yang sehat. Pada kondisi ini, rambut yang tipis akan rapuh dan mudah patah tidak seperti rambut yang lembap dan kuat. Rambut tipis juga dapat menjadi alasan mengapa rambut yang kering menjadi mudah rontok karena patah.

4. Rambut Mudah Kusut

Ciri-ciri selanjutnya adalah rambut yang mudah kusut. Tentu menjadi hal yang melelahkan ketika harus merapikan rambut. Apalagi ketika rambut yang kusut menjadi patah atau rontok. Bayangkan seperti bihun yang dalam keadaan kering lebih susah diuraikan, bahkan memakan waktu yang lama. Tetapi pada saat bihun basah, mudah sekali untuk mengurainya karena lebih licin. Sama halnya saat memiliki rambut yang kering dan kurang nutrisi, rambut akan menjadi mudah kusut. 

5. Ujung Rambut Bercabang

Batang rambut yang kehilangan kelembapannya rentan mengalami rambut bercabang. Apalagi jika kamu memiliki rambut panjang. Produksi minyak alami tidak sampai ke batang rambut paling ujung sehingga ujung rambut tidak ternutrisi dengan cukup. Karena itu kamu butuh bantuan perawatan lain selain memanfaatkan minyak alami saja. Sampo yang tepat dan kondisioner yang tak pernah dilewatkan merupakan salah satu perawatan rutin yang membantu menutrisi helai rambut sampai ke ujung.

Penyebab Rambut Kering

Penyebab rambut kering yang paling utama adalah rambut yang kekurangan kelembapan. Lalu, apa saja penyebab rambut kering? Kita bahas sama-sama di bawah ini!

1. Tidak Dirawat Setelah Beraktivitas

Terpapar sinar matahari terlalu lama akan membuat rambutmu kehilangan kelembapan. Mengingat kita tinggal di Indonesia yang beriklim tropis dengan sinar matahari yang penuh, sebaiknya kamu tidak membiarkan rambut terpapar sinar matahari terlalu lama. Alternatifnya, kamu dapat mencoba menggunakan pelindung kepala agar rambut tetap terlindungi dari dampak buruk sinar matahari.

Baca juga:

Untuk kamu yang hobi berenang juga perlu memberikan perhatian lebih pada rambut kamu. Air kolam mengandung klorin yang menyebabkan rambut kering, berubah warna, dan berbau. Jangan berenang tanpa mengenakan topi renang dan lakukan perawatan rambut setelah berenang.

2. Kesalahan Saat Keramas

Walaupun keramas sudah kita lakukan secara rutin sepanjang hidup, bisa saja selama ini cara keramas kamu kurang tepat. Beberapa kesalahan saat keramas yang dapat menyebabkan masalah rambut, yaitu menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan kondisi rambut, penggunaan sampo berbahan sulfate, dan keramas menggunakan air yang terlalu panas. Ketiga hal ini dapat membuat rambut lama-kelamaan akan menjadi kering. Sebaiknya, gunakan air dingin saat keramas agar tidak menghilangkan minyak alami yang terdapat di kulit kepala dan tubuh kamu.

Baca juga: Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

3. Kebiasaan tidak merapikan rambut

Kebiasaan tidak merapikan rambut ternyata akan berdampak juga pada kesehatan rambut. Mengapa? Karena ketika rambut kusut, debu dan kotoran akan menumpuk pada bagian yang kusut. Pastikan rambut keritingmu rapi dan jangan biarkan kusut terlalu lama.

Baca juga: 10 Jenis sisir yang cocok untuk rambut keriting

4. Mengabaikan Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang sebaiknya mendapatkan perawatan yang sesuai. Namun jika rambut bercabang tidak diatasi, bagian batang rambut yang rusak akan merambat ke batang rambut di bagian atasnya. Atasi rambut bercabang dengan perawatan atau kamu bisa memilih opsi memotongnya saja secara teratur.

5. Melewatkan Kondisioner

Kondisioner memberikan manfaat yang penting dalam perawatan rambut dengan melembapkan helai rambut setelah penggunaan sampo. Membiarkan rambutmu kesat setelah memakai sampo tanpa menggunakan kondisioner tentu akan membuat rambut menjadi kering dan sulit diatur. Kondisioner mengandung bahan-bahan yang membantu mengembalikan kelembapan alami rambut, sehingga mencegahnya dari kekeringan dan kerusakan. Selain itu, kondisioner juga membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat gesekan saat menyisir atau styling.

6. Penggunaan Hair Styling Tools yang Terlalu Sering

Penggunaan alat hair styling yang mengeluarkan suhu panas terlalu sering tentu akan merusak batang rambut. Jika harus menggunakan alat, pastikan mengaplikasikan heat protector dan atur suhunya agar tidak terlalu panas jika memungkinkan.

7. Kurangnya nutrisi

Pentingnya asupan nutrisi dari makanan dengan gizi seimbang dan kecukupan air putih sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam konteks perawatan diri. Kekurangan asupan gizi dan air putih yang cukup dapat berdampak serius pada berbagai aspek kesehatan. Makanan dengan berbagai nutrisi penting seperti vitamin, mineral, protein, dan serat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut.

8. Terlalu Sering Keramas

Salah satu penyebab rambut kering paling umum adalah kebiasaan keramas yang terlalu sering. Proses keramas dengan sampo secara berlebihan dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan oleh rambut untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya. Minyak alami ini, yang diproduksi oleh kelenjar sebum di kulit kepala, bertindak sebagai pelindung alami rambut dan menjaga kelembapan serta kekuatan helai rambut.

9. Mewarnai Rambut

Proses kimia seperti mewarnai rambut juga menjadi penyebab utama rambut menjadi kering. Proses pewarnaan rambut melibatkan penggunaan bahan kimia yang kuat untuk mengubah warna alami rambut, seperti amonia dan hidrogen peroksida. Bahan kimia ini dapat merusak struktur rambut dengan menghilangkan lapisan pelindung alami serta membuatnya kehilangan kelembapan.

Cara mengatasi rambut Kering

Setelah mengetahui ciri-ciri rambut kering dan apa penyebabnya, sekarang kamu bisa memulai merawat rambut kering untuk mengembalikan kelembapannya. Di bawah ini ada beberapa cara untuk mengatasi rambut kering yang bisa kamu ikuti!

1. Gunakan Sampo yang Tepat

Gunakan shampoo yang cocok untuk rambut keriting

Selalu perhatikan kandungan pada sampo yang kamu gunakan. Apalagi sebagai pemilik rambut keriting, kamu butuh kelembapan pada rambut. Jauhi sampo dengan kandungan sulfate yang akan membuat rambut semakin kering hilangnya minyak alami rambut yang kamu butuhkan.

Baca juga:

2. Jangan Lewatkan Kondisioner

Cara mengatasi rambut kering yang kedua adalah jangan melewatkan kondisioner. Kondisioner merupakan langkah penting dalam rutinitas perawatan rambut untuk mengembalikan kelembapan alami dan menjaga kesehatan rambut. Kondisioner bekerja dengan memberikan lapisan pelindung pada setiap helai rambut, sehingga membantu mengunci kelembapan dan membuat rambut terasa lebih lembut, halus, dan mudah diatur.

Baca juga: 11 Cara Menggunakan Kondisioner yang Baik dan Tepat

3. Lakukan Perawatan Rutin

Merawat rambut kering

Perawatan rutin rambut bisa dilakukan dengan beberapa cara, baik di salon maupun di rumah menggunakan masker alami. Pastikan kamu tidak melewatkan vitamin dan serum rambut sebelum beraktivitas dan sebelum tidur, serta sesuaikan dengan kondisi rambut kamu. Konsistensi dalam perawatan rutin sangat penting karena akan memberikan hasil yang memuaskan.

4. Hindari Keramas Terlalu Sering

Jika rambut kamu kering, sebaiknya hindari keramas setiap hari. Keramas terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan oleh rambut untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya. Ini dapat membuat rambut semakin kering dan rapuh. Sebaliknya, cobalah untuk mengurangi frekuensi keramas, misalnya hanya 2-3 kali seminggu, untuk menjaga keseimbangan minyak alami pada kulit kepala dan rambut. Kamu juga dapat menggunakan sampo yang lembut dan mengandung bahan-bahan yang melembapkan, serta memanfaatkan kondisioner secara teratur untuk membantu melembapkan dan merawat rambut keringmu.

5. Jangan Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Bagi kamu yang sering mewarnai rambut, sebaiknya kurangi frekuensi pewarnaan karena proses tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi kering. Pewarnaan rambut menggunakan bahan kimia yang kuat dapat menghilangkan minyak alami serta lapisan pelindung pada rambut, yang kemudian menyebabkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Dengan demikian, mengurangi frekuensi pewarnaan rambut dapat membantu menjaga kesehatan dan kelembapan rambut kamu.

6. Lindungi Rambut dari Polusi

Lindungi rambut Anda dengan penutup kepala dari bahaya polusi

Lindungi rambutmu dari panas matahari, debu, polusi, atau saat penggunaan hair styling tools. Sayang, kan, saat kamu sudah melakukan perawatan, malah tidak dilindungi saat beraktivitas. Kamu bisa menggunakan turban cantik atau topi saat harus beraktivitas di luar ruangan yang terpapar sinar matahari, debu, dan polusi.

7. Kurangi Pemakaian Hair Styling Tools

Kurangi pemakaian styling tool dan hair dryer

Perhatikan penggunaan hair styling tools kamu. Sebaiknya kurangi intensitas penggunaan alat-alat tersebut, meskipun menggunakan vitamin atau serum rambut. Penggunaan berlebihan alat-alat styling seperti hair dryer, catokan, atau curling iron dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebaliknya, memperbanyak penggunaan vitamin atau serum rambut dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

8. Masker Rambut Buatan Sendiri (DIY)

Perawatan rambut kering dapat kamu lakukan di salon langganan atau kamu bisa melakukan secara sederhana di rumah. Masker rambut DIY (Do It Yourself) adalah perawatan yang paling seru karena kamu bisa mencampur bahan-bahan alami yang kamu dapatkan untuk dibuat masker.

Resep-resep masker DIY juga banyak sekali di internet dan mudah didapatkan. Seperti campuran kuning telur dan lidah buaya, telur, dan yoghurt. Tak ketinggalan bahan ajaib seperti cuka apel dapat kamu manfaatkan untuk campuran masker rambut kamu. Sebagian bahan alami yang kamu gunakan juga bisa digunakan sebagai masker wajah, lho. Jadi lebih praktis, kan?

Baca juga: Panduan Membeli Masker Rambut (Hair Mask) yang Tepat

9. Minyak Alami

Penggunaan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak biji anggur, atau minyak kelapa juga dapat kamu gunakan untuk perawatan di rumah. Sederhana sekali, hanya mengoleskan minyak dan memijat kepala dengan minyak, diamkan selama kurang lebih 1 jam, lalu bersihkan rambut dengan air suhu normal.

Baca juga: Panduan Membeli Minyak Rambut yang Tepat

10. Perawatan Dari Dalam

Perawatan dari dalam tubuh. Nutri yang baik.

Perawatan yang tidak kalah penting adalah perawatan dari dalam tubuh kamu. Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan kurangnya minum air putih dapat juga berdampak pada kesehatan rambut. Perhatikan gizi dalam makanan dan cukupi kebutuhan air putih dalam tubuh kamu, ya!

Penutup

Terkadang kita memiliki kebiasaan yang secara tidak sadar merusak kesehatan rambut. Perhatikan kebiasaan perlakuan untuk rambut kamu agar terhindar dari masalah rambut. Tapi yang paling penting, konsisten untuk melakukan perawatan meskipun hanya dengan cara sederhana, agar rambut tetap sehat dan berkilau!

Baca juga: Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Mengembang

Pin It on Pinterest

Share This