Setelah mengetahui dasar memilih sampo yang tepat untuk rambut keriting, kali ini kita akan bahas bagaimana cara keramas yang baik. Mungkin kamu merasa terlalu banyak aturan, tapi sesungguhnya tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu tahu jenis rambut keriting yang kamu miliki agar dapat merawatnya dengan lebih tepat. 

Kamu juga harus mengenal kondisi rambut kamu saat ini dan masalah rambut yang sedang kamu alami. Misalnya, apakah perlu lebih banyak kelembapan, atau rambut rontok dan butuh bantuan nutrisi dari luar, atau justru kamu memiliki masalah ketombe.

Ketika kamu sudah memahami betul bagaimana kondisi rambut, langsung saja kita bahas tips dan cara keramas yang baik untuk rambut keriting berikut ini:

Contents

1. Pilih sampo berdasarkan kondisi rambut

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Kamu mungkin sudah tahu sebelumnya tips untuk memilih sampo yang baik untuk rambut keriting. Namun karena kebutuhan nutrisi setiap pemilik rambut berbeda, pemilihan sampo perlu disesuaikan lagi dengan kondisi rambut. Contohnya:

  • Jika memiliki rambut keriting yang mudah kusut dan kering, cari sampo dengan formula melembapkan dan melembutkan rambut
  • Jika memiliki rambut keriting yang sudah cukup sehat maka kamu bisa memilih varian sampo sesuai dengan keinginan
  • Jika rambut frizzy, carilah varian sampo dengan formula anti-frizz

2. Uraikan rambut sebelum keramas

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Urai rambut yang kusut sebelum keramas dengan menggunakan jari atau sisir bergigi jarang. Tidak disarankan menyisir rambut dalam keadaan kering setelah keramas karena akan merusak bentuk dan pola ikal rambut kamu. Alternatifnya, sisir rambut dalam keadaan basah atau biarkan tanpa disisir sampai kering dengan alami (air dry). Kamu juga bisa menggunakan hair diffuser sebagai alternatif hair dryer.

3. Penggunaan sampo berdasarkan tipe dan kondisi Rambut

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Jenis dan tipe rambut yang berbeda memiliki kebutuhan sampo yang berbeda pula. Jika kamu sudah tahu tipe rambut keriting yang kamu miliki, kamu bisa memilih sampo berdasarkan tipe rambut, contohnya:

  • Tipe rambut wavy lebih baik memilih sampo dengan formula yang berfungsi untuk meningkatkan volume rambut
  • Tipe rambut curly paling baik membersihkan rambut dengan metode co-wash
  • Tipe rambut coily hair dapat memilih sampo yang menghidrasi

4. Frekuensi keramas berdasarkan tipe rambut

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Dalam frekuensi mencuci rambut keriting pun lebih baik melihat tipe rambut yang Ladies and Gentlemen miliki. Sama seperti pemilihan formula sampo. Jika memiliki tipe rambut jenis wavy (Tipe 2) mungkin akan lebih sering mencuci rambut dibanding tipe curly (Tipe 3), dan tipe coily hair (Tipe 4)  akan lebih jarang mencuci rambut dibanding tipe curly (Tipe 3). Karena minyak alami rambut akan memerlukan waktu lama untuk melembapkan rambut dengan keikalan yang rapat.

5. Frekuensi keramas berdasarkan kondisi rambut

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Bukan hanya perlu memperhatikan tipenya saja, kamu juga perlu memperhatikan kondisi rambut. Jika rambut terasa lebih kering, cobalah untuk mengurangi frekuensi mencuci rambut. Jika rambut kamu berminyak dan mudah lepek, kamu bisa mencuci rambut lebih sering. 

Sedangkan untuk kamu yang setiap hari melakukan olahraga atau aktivitas tinggi lainnya, kamu bisa membasahi atau membilas rambut tanpa menggunakan sampo yang mungkin akan membuat rambut menjadi mudah kering dan kusut. Jadi, sesuaikan saja dengan kondisi dan kegiatan yang kamu lakukan.

6. Cara mencuci rambut keriting

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Hayo.. Siapa nih di sini yang suka terburu-buru mencuci rambut? Biasanya sih jika sudah terlambat kita seringkali menumpuk rambut saat keramas, kan? Sayangnya untuk kamu pemilik rambut keriting, disarankan untuk tidak membuat gerakan memutar yang membuat rambut kamu menjadi lebih kusut, dan usahakan tidak menumpuk rambut keritingmu. 

Aplikasikan sampo dengan lembut, jika ada bagian yang sangat kusut coba urai rambut dengan menggunakan jari-jari tangan dengan hati-hati. Jangan menarik rambut secara paksa saat kusut agar rambut tidak rusak. Yuk, bersabar dengan rambut kamu!

7. Penggunaan Kondisioner

Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting
Cara Keramas yang Baik untuk Rambut Keriting

Nah, perlu diperhatikan dalam penggunaan kondisioner. Tentu berbeda tergantung dengan tipe apa kah rambut keritingmu?

  • Jika kamu memiliki tipe rambut keriting tipe 2 atau 3, kamu bisa mengaplikasikan kondisioner mulai dari bagian tengah rambut hingga ujung rambut.
  • Jika kamu memiliki rambut keriting  tipe 3C sampai 4, kamu bisa gunakan kondisoner sampai dekat dengan kulit kepala.

Gunakan jari-jari tangan untuk membantu merata pada setiap helai rambut, terutama ketika ada bagian kusut, gunakan jari saja ya Ladies and Gentlemen. Atau bisa gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai rambut namun lakukan dengan hati-hati.  Biarkan kondisioner meresap antara 2-5 menit lalu bilas rambut. Jika Ladies and Gentelemn ingin rambut yang terlihat lebih panjang, jangan bilas seluruh kondisioner. Sisakan sedikit kondisioner di rambut saat membilasnya.

Susah-susah gampang ya ternyata mencuci rambut keriting agar tetap indah. Kuncinya adalah mengetahui dulu tipe dan kondisi rambut yang Ladies and Gentlemen miliki. Setelah itu baru bisa menentukan cara dan produk yang cocok. Jika belum mengetahui tipe rmabut apa kah kamu, silahkan kunjungi artikel sebelumnya. Perlu diingat dalam mengaplikasikannya dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Tapi seperti yang sudah Ladies and Gentleme rasakan  hasilnya tentu memuaskan bukan? Yakin deh, setelah terbiasa dengan sabar maka tidak ada yang sulit lagi.

Pin It on Pinterest

Share This