Saat ini di pasaran banyak sekali jenis produk-produk perawatan rambut, mulai dari yang dasar, seperti sampo, hingga yang memiliki fungsi khusus seperti masker rambut. Sudahkah kamu menggunakan produk rambut sesuai dengan kebutuhan rambut? Supaya tidak bingung, berikut adalah macam-macam produk perawatan rambut untuk wanita dan kegunaanya.

Contents

1. Sampo

Shampoo perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Produk yang sudah pasti kamu punya di rumah ini memang sangat penting dan wajib ada dalam kehidupan. Kegunaan utama sampo adalah untuk membersihkan rambut secara menyeluruh dari kotoran, debu, serta minyak berlebih yang dapat menimbulkan masalah rambut seperti gatal dan ketombe. Namun jangan sampai salah pilih sampo, ya. Perhatikan kandungan pada produk, pilih sampo dengan kandungan non-sulfate dan non-paraben. Gunakan sampo sesuai dengan kebutuhan rambut dengan kandungan alami yang lebih disarankan agar tidak menimbulkan masalah rambut lainnya.

2. Conditioner

Conditioner Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Siapa yang suka melewatkan produk ini karena malas terlalu lama di kamar mandi? Atau kamu sering terburu-buru membilas kondisioner? Manfaat kondisioner adalah untuk melembapkan, membuat rambut mudah diatur, serta tidak mudah kusut. Apalagi setelah menggunakan sampo, rambut biasanya akan menjadi kesat. 

Gunakan kondisioner setelah menggunakan sampo dan hindari kulit kepala saat mengaplikasikan kondisioner karena akan membuat rambut menjadi lepek. Gunakan secukupnya saja agar kondisioner tidak berlebihan dan mudah dibilas hingga bersih agar tidak meninggalkan sisa di rambut. Dan yang paling penting, selalu cek kandungan kondisioner yang baik, tentu saja yang bebas silikon (silicone free) dan paraben free.

3. Heat Protector

Heat Protector Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Apakah kamu gemar styling rambut? Atau setiap hari kamu dituntut untuk styling rambut? Sebagai pemilik rambut keriting kamu tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakan catokan atau curling iron, tetapi jika harus menggunakan alat-alat styling yang panas sebaiknya jangan tinggalkan produk yang satu ini. 

Penggunaan peralatan rambut seperti catokan atau curling iron yang terlalu sering akan menimbulkan masalah-masalah rambut, antara lain rambut menjadi kering, mudah patah, dan kusam. Tidak mau kan rambut kamu malah jadi rusak?  Heat protector berfungsi untuk melindungi rambut kamu dari panas catokan, hair dryer, atau curling iron. Selain itu, dengan heat protector rambut kamu lebih mudah diatur, lho!

4. Hairspray

Hairspray Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Biasanya hairspray digunakan ketika kamu selesai menata rambut agar rambut tetap terjaga bentuknya. Ketika hairspray disemprotkan pada pangkal rambut akan membuat rambut menjadi ber-volume sehingga tampak lebih indah, juga agar rambut yang tipis dapat terkesan lebih tebal. Hairspray juga membantu kamu beraktivitas agar tidak terganggu dengan rambut yang berantakan dan tidak harus berulang kali mengecek penampilanmu, apalagi saat kamu sedang dalam pesta penting atau acara resmi. Selain itu, hairspray juga berguna untuk menyembunyikan rambutmu yang berminyak.

5. Curl Cream

Curl cream Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Nah, ini adalah produk wajib untuk pemilik rambut keriting. Pasti pemilik rambut keriting sering mengalami rambut yang frizzy atau mengembang tidak teratur. Bad hair day memang bad day, oleh karena itu kita butuh curl cream di dunia ini. Dengan menggunakan curl cream, rambut keriting atau ikal akan lebih mudah diatur, terdefinisi dengan indah, dan sekaligus melembutkan rambut. 

Produk curl cream masih jarang dijual di Indonesia, tapi kamu bisa mencari di  e-commerce kok. Pastikan curl cream dengan kandungan yang cocok untuk kondisi dan cuaca di tempat tinggalmu agar tidak lengket atau menimbulkan rasa tidak nyaman.

6. Hair Clay

Hair Clay Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Produk rambut ini mungkin sekilas mirip dengan pomade dan gel. Namun perbedaannya adalah hasil menggunakan hair clay lebih matte dan natural. Jika pomade atau gel akan menghasilkan tampilan yang rapi dan klimis, hair clay berfungsi untuk memberikan volume pada rambut dengan hasil yang lebih natural. Hair clay memiliki tekstur yang kesat dan mudah untuk dicuci. Kelemahan hair clay adalah lebih sulit diratakan dengan tangan. Untuk kamu yang menyukai tampilan natural, hair clay dapat membantu menata rambut kamu.

7. Hair Mask

Hair Mask Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Perawatan rambut dengan hair mask mungkin adalah perawatan yang paling banyak disukai pada saat waktu senggang. Hair mask adalah perawatan wajib demi rambut indah untuk jangka panjang. Macam-macam kegunaan hair mask adalah membantu rambut kamu agar lebih lembap, menutrisi rambut hingga ke akarnya, memperkuat rambut, mendorong pertumbuhan rambut, dan membuat rambut tampak berkilau. Gunakan hair mask sesuai dengan kondisi atau kebutuhan rambutmu. Jika rambut kamu rapuh dan mudah patah, jangan ragu untuk mulai mencari hair mask yang sesuai.

8. Minyak Rambut

Minyak rambut Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Minyak rambut merupakan produk perawatan rambut wajib rambut keriting. Meskipun rambut menghasilkan minyak alami untuk melembapkan, pemilik rambut panjang membutuhkan minyak rambut untuk membantu menjangkau bagian-bagian ujung rambut. Minyak rambut yang disarankan adalah minyak rambut dari bahan alami atau minyak alami saja seperti minyak zaitun atau minyak kelapa murni untuk menghindari kandungan berbahaya yang malah akan menimbulkan masalah-masalah rambut lain. Dengan menggunakan minyak alami, kamu juga bisa memijat kulit kepala untuk melancarkan aliran darah. Jadi sekali dayung, dua-tiga pulau terlewati deh!

9. Hair Tonic 

Hair tonic Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Produk rambut yang satu ini sangat nyaman digunakan pada kulit kepala. Kandungan dalam hair tonic berguna untuk menjaga kekuatan akar rambut, mengatasi kerontokan, mengurangi ketombe, dan menjaga sel rambut tetap lembap. Namun jika kamu ingin rutin menggunakan hair tonic sebaiknya perhatikan kandungannya, ya. Sebab meskipun secara umum aman digunakan, beberapa orang yang tidak cocok dengankandungan dalam hair tonic dapat merasakan efek samping ekstrem seperti muntah, diare, keracunan, sering buang air kecil, bahkan koma. Kandungan etanol yang biasanya terdapat dalam hair tonic dapat menimbulkan reaksi bagi orang-orang yang sensitif terhadap kandungan ini. Jadi, kamu disarankan untuk lebih bijak dengan membaca kandungan produk.

10 Hair Serum

Hair Serum Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Manfaat hair serum dengan hair mask sebetulnya hampir mirip. Perbedaannya adalah hair serum menawarkan perawatan rambut dengan hasil yang lebih instan dibanding dengan hair mask. Manfaat hair serum antara lain menutrisi rambut yang kusam dan rusak, membuat rambut tampak berkilau, serta melindungi rambut dari sinar UV, suhu tinggi, dan polusi.Ada dua jenis hair serum, yaitu yang digunakan setelah keramas dan yang digunakan sebelum tidur. Tipe hair serum yang pertama digunakan saat rambut masih setengah basah setelah keramas, atau sebelum hair styling. Sedangkan hair serum yang fokus untuk menutrisi kulit kepala dan rambut dapat digunakan sesaat sebelum tidur.

11. Gel Rambut

Gel rambut Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Dengan manfaat yang kurang lebih sama dengan curl cream, gel rambut juga berguna untuk menjaga tatanan rambut agar rambut ikal atau keriting lebih terdefinisi demi tampilan yang lebih indah dan tahan lama. Akan tetapi, biasanya gel rambut yang dijual di pasaran mengandung alkohol yang justru tidak baik untuk rambut keriting. Jika kamu tertarik, kamu dapat membuat gel rambut sendiri dengan bahan alami yang mudah didapat seperti lidah buaya dan minyak alami. Tambahkan minyak esensial untuk mendapatkan wangi yang kamu suka. Selamat mencoba!

12. Mousse

Mousse Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Berbeda dengan curl cream dan gel meskipun memiliki manfaat yang hampir sama, mousse berbentuk foam atau busa. Menggunakan mousse akan membuat rambut ber-volume dengan tampilan lebih alami dan lebih ringan. Menggunakan mousse juga menjaga bentuk alami rambut. Jika kamu menggunakan hairspray, mousse akan memperkuat kinerja hairspray untuk tahan lebih lama. Kelebihan lain dari mousse adalah dapat digunakan pada semua jenis rambut. Walaupun rambutmu lurus dan tipis, kamu dapat memanfaatkan mousse untuk efek rambut lebih tebal.

13. Wax Rambut

Wax Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Meskipun wax dan gel memiliki manfaat yang serupa, tapi kamu harus tahu perbedaannya. Wax rambut memiliki tekstur lebih padat dan ketahanan yang lebih lama bahkan berhari-hari jika belum keramas. Hasil penggunaan wax akan membuat rambut mengeras dan kaku, cocok untuk kamu yang memiliki rambut tebal agar lebih mudah diatur. 

Kelemahan dari wax rambut adalah sulit dibersihkan karena teksturnya yang lebih padat jika dibandingkan dengan gel. Jika kamu pemilik rambut keriting pendek dan ingin membuat kesan messy hair yang natural, wax rambut bisa kamu coba!

14. Krim Rambut

Krim Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Jika rambutmu terlalu megar atau frizzy, hair cream dapat membantumu! Penggunaan hair cream berguna untuk menutrisi helai rambut dan membuatnya lebih lembap sehingga tidak tampak megar. Jika kamu sering mewarnai rambut dan akibatnya rambut menjadi kering dan mengembang, maka penggunaan hair cream juga bisa kamu pertimbangkan. Dengan penggunaan rutin, rambutmu akan ‘diperbaiki’ dan menjadi lebih sehat dan indah. Namun sebelum memilih hair cream, tetap pastikan kandungannya sesuai dengan kebutuhan rambut kamu untuk mencegah kerusakan atau masalah rambut yang lebih parah.

15. Vitamin Rambut

Vitamin Perawatan Rambut Keriting untuk Wanita

Memiliki rambut keriting membutuhkan perawatan ekstra. Vitamin rambut merupakan salah satu produk yang perlu kamu miliki. Vitamin rambut membantu menutrisi rambut agar lebih sehat. Sebelum memilih vitamin, kamu perlu mengetahui kebutuhan rambutmu terlebih dahulu. Sangat disarankan untuk lebih memilih produk dengan kandungan bahan alami. Vitamin yang diperlukan oleh rambut antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zinc, dan zat besi.

Sebelum menggunakan produk-produk di atas, kenali dengan baik masalah dan kebutuhan rambut kamu. Apa ada produk perawatan rambut yang kamu tertarik untuk coba?

Pin It on Pinterest

Share This