Memiliki rambut keriting memang memerlukan perhatian ekstra terhadap setiap produk perawatan dan alat yang digunakan untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Idealnya, setiap jenis rambut memiliki kebutuhan yang berbeda karena karakteristiknya yang berbeda pula. Jika kamu memiliki rambut keriting, kamu perlu memilih jenis sisir yang cocok untuk rambut keriting kamu agar ikalnya tidak mudah bermasalah atau rusak bentuknya.

Contents

Jenis Sisir yang Cocok untuk Rambut Keriting

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa menggunakan sisir dengan jenis apa saja bukan masalah besar. Seperti yang disebutkan dalam cara merawat rambut keriting agar tidak kering dan mengembang, penggunaan sisir bergigi jarang lebih disarankan untuk pemilik rambut keriting. Sisir bergigi rapat hanya akan membuat keikalan rambut menjadi terpisah dan malah mengembang.

Eits, jangan bingung karena ada berbagai jenis sisir yang dapat kamu gunakan, tentu saja tergantung tujuan penggunaan dan tergantung keadaan rambut kamu. Jadi sebelum buru-buru menyingkirkan sisir bergigi rapatmu, yuk simak jenis sisir yang dapat kamu gunakan berikut ini!

1. Wide Tooth Comb (Sisir Bergigi jarang)

Sisir rambut keriting - Wide Tooth Comb
Sisir rambut keriting – Wide Tooth Comb

Yup! Yang pertama tentu jenis sisir bergigi jarang. Sisir dengan jarak gigi yang lebih lebar mempertahankan bentuk ikal rambut kamu. Rambut keriting akan tetap terdefinisi dengan indah dan terjaga bentuk ikalnya. Rambut juga tidak menjadi kusut dan rontok ketika menggunakan sisir jenis ini. Jadi, sisir jenis ini sangat direkomendasikan untuk para pemilik rambut keriting atau ikal.

2. Tight Tooth Comb

Sisir Rambut Keriting - Tight Tooth Comb
Sisir Rambut Keriting – Tight Tooth Comb

Kamu tidak perlu buru-buru menyingkirkan sisir bergigi rapat yang ada di rumah. Sisir bergigi rapat sebenarnya masih dapat digunakan. Namun, jenis sisir seperti ini lebih disarankan untuk pemilik rambut bergelombang seperti rambut keriting Tipe 2. Gunakan sisir ini pada saat rambut dalam keadaan basah. Kamu dapat menyisir rambut mulai dari bagian ujung rambut sedikit-sedikit hingga bagian pangkal rambut agar rambut kamu tidak rontok. Gunakan sisir jenis ini secara perlahan karena kamu akan kesakitan ketika menyisir rambut yang kusut.

3. Pick Comb

Sisir Rambut Keriting - Pick Comb
Sisir Rambut Keriting – Pick Comb

Jenis sisir pick comb seperti sisir bergigi jarang, namun bentuknya seperti garpu dengan pegangan yang lebih kecil atau pendek. Sisir jenis ini mampu memisahkan helai-helai rambut ikal ataupun keriting yang biasanya sulit dipisahkan tanpa merusak pola gelombangnya. Pick comb juga bisa membantu mempertegas gelombang rambut, sehingga cocok dipakai untuk merapikan dan mempertegas keindahan bentuk rambut keriting dan bergelombang.

4. Vented Brush

Sisir Rambut Keriting - Vented Brush
Sisir Rambut Keriting – Vented Brush

Vented brush merupakan jenis sisir yang memiliki lubang pada badan sisirnya. Biasanya sisir jenis ini digunakan untuk proses pengeringan rambut menggunakan hairdryer karena lubang pada badan sisir berguna sebagai jalan sirkulasi udara. Walaupun begitu, tetap tidak disarankan untuk menggunakan hairdryer terlalu sering, ya. Vented brush lebih disarankan untuk digunakan pada rambut yang memiliki tingkat keikalan Tipe 2 atau bergelombang, karena akan membantu membentuk rambut lebih bergelombang dengan indah.

5. Paddle brush

Sisir rambut keriting - Paddle brush
Sisir rambut keriting – Paddle brush

Sisir paddle brush ini memiliki kepala berbentuk kotak yang lebar, yang menyerupai dayung perahu, dengan bantalan yang tebal. Permukaannya juga lebih besar dan luas dibandingkan jenis sisir lainnya. Dengan begitu, paddle brush lebih mudah mengurai dan menyisir rambut bergelombang yang tebal serta mengembang. Sisir paddle brush dapat digunakan setelah habis keramas karena jarak gigi sisir tidak terlalu dekat, sehingga membantu mencegah rambut rontok dan mengembang.

6. Bristle Brush

Sisir rambut keriting - Bristle Brush
Sisir rambut keriting – Bristle Brush

Jenis sisir bristle brush ini dapat digunakan setelah keramas saat rambut dalam keadaan basah. Ketika digunakan saat rambut dalam keadaan kering, sisir ini akan membuat rambut frizzy atau mengembang, sehingga kurang ideal jika kamu menggunakannya setelah keramas dan rambut sudah kering. Namun sisir ini akan sangat membantu mengurai rambut kusut, jadi dapat kamu gunakan sebelum keramas.

Jenis sisir ini terbagi tiga, yaitu Natural Bristle Brush yang lebih cocok untuk rambut lurus, Synthetic Bristle Brush untuk yang memiliki rambut yang kusut dan tebal, dan Boar Bristle Brush yang biasanya digunakan untuk menyisir rambut anak-anak karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

7. Denman Brush

Sisir rambut keriting - Denman Brush
Sisir rambut keriting – Denman Brush

Denman brush merupakan salah satu merk sisir terkenal yang berasal dari Inggris. Sisir ini cocok untuk kamu yang berambut keriting atau bergelombang. Denman brush nyaman digunakan karena gagangnya yang terasa kokoh, bantalan pada sisir ini juga memiliki desain yang berbeda dengan bantalan pada bristle dan paddle brush. Menyisir dengan Denman brush membuat rambut lebih cepat rapi terutama jika kamu memiliki rambut pendek.

8. Round Hair Brush

Sisir rambut keriting - Round Hair Brush
Sisir rambut keriting – Round Hair Brush

Round hair brush merupakan jenis sisir berbentuk bulat dan memiliki beberapa pilihan ukuran diameter di tengahnya. Untuk rambut yang memiliki tingkat keikalan Tipe 2 (wavy) dan Tipe 3 (curly), sangat cocok menggunakan sisir ini karena akan membuat rambut terlihat lebih rapi. Bentuk sisir yang bulat akan mengikuti definisi keikalan rambut. Selain itu, sisir ini akan membantu rambut lebih mudah diatur saat proses blow styling. Disarankan untuk menyisir rambut pada saat keadaan basah atau sebelum keramas jika sisir yang digunakan memiliki gigi yang rapat seperti bentuk sisir ini.

9. Teasing Brush

Sisir rambut keriting - Teasing Brush
Sisir rambut keriting – Teasing Brush

Sisir jenis ini memiliki ujung yang lancip dan berukuran kecil. Sisir ini berguna untuk kamu yang suka mengganti gaya rambut. Jenis sisir ini akan membantu membentuk rambut sesuai gaya yang diinginkan. Selain itu, jenis teasing brush juga dirancang untuk melindungi kulit kepala dari goresan saat kamu sedang menata rambut.

10. Tangled Teezer

Sisir rambut keriting - Tangled Teezer
Sisir rambut keriting – Tangled Teezer

Tangle Teezer merupakan salah satu sisir yang memiliki bentuk dan desain yang ikonik yang berasal dari Inggris. Sisir ini cocok untuk segala jenis tingkat keikalan rambut. Tangle Teezer dirancang untuk membantu untuk menguraikan rambut yang kusut dan menjaga rambut tetap lembut. Dengan sisir ini, rambut yang kusut akan terurai lebih cepat dan mudah tanpa perlu kesakitan.

Tips Merawat dan Menyisir Rambut Keriting

Merawat dan menyisir rambut keriting memang memerlukan beberapa langkah ekstra agar rambut kamu tetap indah dan pola keritingnya terjaga. Selain dengan memilih sisir yang cocok untuk rambut keriting kamu, berikut adalah beberapa tips merawatnya agar tetap sehat dan indah.

1. Selalu Usahakan Mengurai Kusut

Jenis sisir yang tidak cocok tidak selalu menjadi penyebab utama bentuk ikal kamu rusak. Apapun tekstur rambut kamu, usahakan untuk selalu mengurai rambut yang kusut dengan metode yang benar, sisir yang tepat, dan hidrasi rambut yang baik. Selama kamu rajin menjaga rambut dari kusut, bentuk ikal kamu tidak akan mudah rusak hanya dari menyisir saja.

2. Sisir Rambut Ketika Basah

Rambut keriting akan lebih menuai keuntungan ketika disisir saat basah. Tidak seperti saat kering, rambut keriting kamu yang disisir saat basah ikalnya akan menjadi lebih terdefinisi, lengkungan-lengkungan rambut kamu akan menjadi lebih menyatu dan mempermudah kamu mengurai helai yang kusut. Bagi pemilik rambut Tipe 4, menyisir rambut saat kering tidak hanya merusak pola lengkungan rambut, tetapi juga membuat rambut patah.

3. Sisir Rambut dengan Sabar

Bagi pemilik rambut keriting yang lebih padat dan tebal, seperti rambut Tipe 3 dan Tipe 4, kamu perlu bersabar saat menyisir rambut kamu. Sedikit tips untuk kamu yang kesulitan merapikan rambut keriting kamu, pertama kamu perlu membasahi rambut dengan air atau pelembap (atau keduanya), kemudian bagi rambut kamu menjadi beberapa bagian dan sisir satu persatu. Sisir rambut kamu dari bagian bawah untuk mengurai kusut dan lanjutkan menyisir dari tengah, akhirnya akar rambut.

4. Gunakan Jari Tanganmu

Tidak selalu harus bergantung pada sisir, jari-jari tangan kamu juga efektif merapikan rambut keriting kamu. Walau begitu, kamu mungkin akan tetap memerlukan sisir untuk mengurai rambut kusut. Menyisir dengan jari akan terasa lebih aman untuk rambut dan kulit kepala, sekaligus kamu dapat sambil mengaplikasikan produk perawatan rambut, misalnya minyak rambut, serum, atau pelembap.

Itulah beberapa jenis sisir yang cocok untuk rambut keriting kamu beserta sedikit tips menyisir rambut keriting. Apakah kamu sudah menemukan tipe sisir yang cocok untuk tipe rambut kamu? 

Pin It on Pinterest

Share This