Sampo merupakan produk utama dalam merawat rambut. Meskipun rambut keriting disarankan untuk tidak terlalu sering keramas, namun pemilihan sampo yang tepat sangat penting. Secara umum, sampo terbaik untuk pemilik rambut keriting adalah sampo tanpa kandungan sulfate, paraben, dan silicone (SLS). Tapi ternyata, tidak hanya kandungan-kandungan tersebut saja yang sebaiknya diperhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips memilih sampo untuk rambut keriting yang sehat dan indah.

Contents

Tips Memilih Shampoo untuk Rambut Keriting

Rambut keriting membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan indah. Sampo yang tepat dapat membantu merawat dan menjaga kesehatan rambut keriting dengan cara membersihkan, melembapkan, dan menguatkan rambut. Sampo yang cocok juga dapat mencegah rambut kusut, kering, dan rapuh. Oleh karena itu, penting untuk memilih sampo yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut keriting kamu.

1. Hindari Shampoo dengan Kandungan Sulfate

Kandungan sulfate atau sulfat menghasilkan busa yang sering disamakan untuk membersihkan minyak dan kotoran yang menempel. Namun, menggunakan sampo dengan sulfate akan membuat minyak alami pada rambutmu juga ikut terbilas hilang dan menyebabkan rambut keritingmu menjadi kering dan mengembang. 

Shampoo dengan Kandungan Sulfate
Gunakan shampoo non non-sulfate

Kandungan sulfat yang biasa ditemui dalam sampo:

  • Sodium Lauryl Sulphate (SLS)
  • Sodium Laureth Sulphate (SLES)
  • Ammonium Lauryl Sulphate (ALS)
  • Ammonium Lauryl Ether Sulphate (ALES)
  • Sodium Myreth Sulphate
  • Ethyl PEG-15 Cocamine Sulphate

Sudah mulai banyak sampo tanpa sulfat beredar di pasaran. Selamat berburu sampo yang cocok!

2. Hindari shampoo dengan Kandungan Alkohol

shampoo dengan Kandungan Alkohol
Hindari shampoo dengan Kandungan Alkohol

Rambut keriting sangat membutuhkan kelembapan untuk menjaga lengkungannya tetap menyatu. Alkohol dalam produk sampo pada dasarnya berfungsi untuk membersihkan kulit kepala dan rambut, serta sebagai salah satu agen pembawa yang membantu bahan aktif lain bekerja. Namun, sifat alkohol yang ringan dan mudah menguap akan menjadikan rambut lebih kering, mengembang, dan mudah kusut. 

Kamu bisa mulai memberikan perhatian lebih pada komposisi produk hair care yang akan dibeli. Sebab tidak semua jenis alkohol berdampak buruk untuk rambut. Misalnya, beberapa tipe alkohol, seperti cetyl dan lauryl, membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. 

Sementara itu, jenis alkohol seperti benzyl alcohol, propanol, ethanol, dan beberapa jenis lainnya, merupakan jenis alkohol yang mungkin dapat membuat rambut kamu semakin kering dan rapuh. Namun jika tidak punya waktu dan tidak yakin untuk mencari tahu jenis alkohol apa yang digunakan, sebaiknya hindari semua produk yang mengandung alkohol.

3. Gunakan Hydrating Shampoo

Rambut keriting cenderung lebih kering dan rapuh daripada rambut lurus, karena bentuknya yang membuat minyak alami dari kulit kepala sulit merata ke seluruh helai rambut. Akibatnya, rambut keriting mudah kusut, patah, dan bercabang. Hydrating shampoo dapat membantu mengatasi masalah ini dengan memberikan kelembapan ekstra yang dibutuhkan oleh rambut keriting. Umumnya hydrating shampoo mengandung bahan-bahan yang dapat menutrisi, melembutkan, dan melindungi rambut keriting dari kerusakan, misalnya minyak kelapa.

4. Pilih Shampoo Berbahan Alami

Shampoo Berbahan Alami
Shampoo Berbahan Alami

Memilih sampo berbahan alami akan membuat rambutmu semakin berkilau. Pilih sampo dengan kandungan alami seperti aloe vera dan coconut oil. Kamu juga bisa menambahkan minyak alami lain sebagai vitamin untuk kulit kepala. Jika memiliki waktu luang, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya dan minyak kelapa asli sebagai masker rambut. 

Bahan alami dapat menjadi sumber yang baik dan rendah risiko efek samping untuk mendapatkan nutrisi yang lebih banyak daripada yang terdapat dalam kandungan produk-produk komersial. Umumnya bahan alami juga dapat menenangkan kulit kepala dan menjaga pH netral pada rambut.

5. Perhatikan Level pH dalam Shampoo

Produk dengan level pH yang tinggi dapat meningkatkan muatan listrik negatif pada permukaan rambut, menyebabkan gesekan antar rambut, dan membuat rambut keritingmu menjadi kusut. Menggunakan sampo dengan level pH yang terlalu tinggi juga akan membuat rambut kamu lebih kusam. Disarankan untuk menggunakan sampo dengan level pH tidak lebih dari 5,5. Sayangnya, level pH atau tingkat keasaman seringkali tidak tercantum pada kemasan produk. Sebaiknya browsing dan cari tahu dulu sebelum membeli sampo yang ingin kamu beli. 

Level pH dalam Shampoo
Level pH Shampoo

Cara lain untuk mengetahui tingkat pH sebuah produk adalah menggunakan kertas lakmus (litmus paper). Jika sampo yang kamu gunakan bertekstur cenderung cair, hasilnya akan keluar cukup cepat. Namun jika tekstur sampo lebih kental, untuk melihat hasilnya akan membutuhkan waktu lebih lama. Kertas lakmus tidak dapat menunjukkan tingkat pH yang akurat, tetapi setidaknya dapat memberikan gambaran kasar seberapa asam atau alkali sampo tersebut.

6. Slip Shampoo

Memiliki rambut keriting pasti akan sering menghadapi kekusutan. Ketika mengurai rambut yang kusut dan tidak menggunakan teknik yang benar, rambut kamu malah akan rontok dan patah. Gunakan slip shampoo untuk membantu mengurai rambut kamu yang kusut. 

Slip” merujuk pada kata “slippery” yang artinya licin. Slip shampoo memiliki kandungan bahan-bahan yang menambahkan efek lubrikasi pada rambut, sehingga memudahkan kamu untuk mengurai kekusutan bahkan hanya dengan jari. Menggunakan slip shampoo juga akan menghemat waktumu dan penggunaan conditioner.

7. Cek kadar Protein Dalam Shampoo

Protein memang dibutuhkan untuk perawatan rambut keriting, namun kandungan protein yang tinggi dapat membuat rambut kering dan kaku. Jenis protein yang pada umumnya digunakan dalam membuat sampo adalah protein gandum. Sayangnya, bahan ini dapat mengurangi kelembapan dan merusak keikalan rambut. 

Mengetahui kadar protein dalam sampo tidak dapat dilakukan di rumah dan harus dilakukan dengan alat dan teknis khusus. Tetapi kamu bisa memeriksa daftar komposisi sampo, periksa apakah ada bahan seperti hidrolisat protein gandum (hydrolyzed wheat protein) atau protein kedelai yang tertera. 

Apakah kamu sudah menemukan sampo yang menjadi incaran? Atau malah kecewa ternyata sampo incarannya tidak memenuhi kriteria di atas? Jangan menyerah untuk terus mencari tahu ya.

Cara ampuh merawat kulit kepala

Rambut keriting memang memiliki pesona tersendiri, namun juga membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan indah. Salah satu aspek penting dalam merawat rambut keriting adalah menjaga kesehatan kulit kepala. Kulit kepala yang bersih dan sehat akan mendukung pertumbuhan rambut yang kuat dan berkilau. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh merawat kulit kepala bagi pemilik rambut keriting.

1. Deep Conditioning

Deep conditioning seperti lagu lama namun sangat penting untuk menjaga kulit kepala. Lakukan setidaknya satu kali dalam sebulan. Tingkatkan frekuensi deep conditioning jika kamu tinggal di daerah dengan cuaca yang dingin.

2. Pijat dengan Minyak Alami

Memijat kulit kepala akan memperlancar aliran darah dan menjaga kesehatan kulit kepala. Gunakan minyak alami seperti olive oil (minyak zaitun), coconut oil (minyak kelapa), atau grapeseed oil

3. Lindungi dari Cuaca Panas

Gunakan payung, syal, atau topi untuk melindungi kulit kepalamu dari sinar matahari langsung yang menyengat dan kering karena dapat mengganggu kesehatan kulit kepala. Usahakan juga untuk memilih topi yang tidak terlalu sempit agar rambut masih bisa bernapas.

4. Hidrasi dari Dalam

Perbanyak minum air putih untuk menjaga tubuh tidak kekurangan cairan. Terutama jika cuaca dalam keadaan dingin, umumnya asupan air yang diminum akan lebih sedikit. Sebaiknya tetap jaga asupan air putih demi menjaga kesehatan kulit kepala dan tubuh kamu secara keseluruhan.

5. Hindari Menggaruk

Hindari menggaruk kulit kepala saat kulit kepala terasa gatal. Dalam keadaan tertentu, misalnya saat berkeringat atau cuaca dingin, kulit kepala dapat terasa gatal. Hindari juga menggaruk kulit kepala saat keramas. Bersihkan kulit kepala dengan pijatan dari bantalan jari-jari lebih disarankan.

6. Antibacterial/Soothing Oil

Jika kulit kepala kamu masih terasa kering dan gatal, gunakan antibacterial atau soothing oil untuk membantu mengatasi dan mengurangi gatal. Jika berlanjut, ada baiknya kamu mencari tahu penyebab masalah kulit kepala kamu menjadi kering dan gatal.

7. Makanan Bergizi

Perawatan intensif dari luar tentu akan sulit membuahkan hasil jika asupan makanan sehari-hari kamu kurang bergizi. Konsumsi makan-makanan yang kaya antioksidan untuk meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah  demi merawat kesehatan kulit kepala kamu. Jangan lupakan juga asupan vitamin dan mineral alami yang seimbang dari sayuran dan buah.

Demikianlah beberapa tips memilih sampo untuk rambut keriting dan merawat kulit kepala yang bisa kamu coba. Namun, perlu diingat bahwa kondisi rambut dan kulit kepala setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung pada faktor-faktor seperti iklim, polusi, gaya hidup, dan kebiasaan merawat rambut. Oleh karena itu, jangan cepat patah semangat jika sampo yang kamu incar ternyata kurang cocok untuk kamu. Keep being curious and love yourself!

Pin It on Pinterest

Share This