Memiliki rambut yang tumbuh dengan sehat, berkilau, dan mudah diatur memang butuh usaha lebih jika kamu memiliki rambut yang tipis. Duh, memilih model rambut yang pas saja kadang susah-susah gampang.

Rambut tipis adalah kondisi rambut yang memiliki helai yang sedikit. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kerontokan atau karena faktor genetik. Sebenarnya rambut tipis akan diselamatkan jika rambut kamu memiliki tipe ikal atau keriting, karena akan dengan mudah membuat volume. Tapi jika kamu memiliki rambut lurus, akan jadi PR nih untuk kamu memilih model rambut.

Rambut yang tipis memiliki helai rambut yang sedikit yang menyebabkan rambut susah sekali membentuk volume yang indah. Rambut tipis juga lebih mudah berminyak karena minyak alami rambut dapat dengan cepat menjangkau sampai ke semua helai rambut. Bagus dong, rambut tidak kekeringan. Tapi jika menjadi terlalu cepat berminyak juga malah jadi masalah. Belum lagi saat kamu ingin mencoba gaya rambut messy hair, kamu akan berpikir beberapa kali sampai akhirnya tidak jadi. Memiliki rambut tipis terkadang membuat kulit kepala mu terlihat. Ketika berada di bawah sinar matahari, bukannya takut kulit tubuh yang terbakar, malah jadi takut kulit kepala yang menghitam.

Apakah rambut Ladies and Gentlemen tipis karena faktor genetik atau karena kebiasaan yang membuat rambut rontok dan tidak tumbuh dengan baik? Coba deh cek penyebab rambut tipis di bawah ini!

Penyebab Rambut Tipis

Faktor genetik

Sama halnya dengan jenis dan warna rambut, rambut yang tipis bisa disebabkan oleh faktor genetik. Tenang saja, kamu bisa mengakalinya dengan potongan rambut yang tepat, perawatan dari luar dan dalam.

Mengalami stres

Hati-hati. Stress dapat menjadi penyebab kerontokan rambut loh. Saat kamu sedang stress, pertumbuhan rambut akan terganggu dan bahkan menyebabkan kerontokan sementara atau biasa disebut telogen effluvium. Meskipun saat sudah tidak stres kondisi rambut akan kembali seperti semula, tapi kan sayang rambut yang sudah rontok. Dan membuatnya lebat kembali kamu membutuhkan perawatan lain.

Perubahan hormon

Perubahan hormon pada masa kehamilan atau masa menopause akan menyebabkan rambut mudah rontok dan menjadi tipis. Perhatikan asupan yang kamu makan agar kebutuhan protein kamu terpenuhi untuk rambut yang senantiasa sehat.

Penataan rambut yang berlebihan

Perhatikan saat kamu menata rambut, rambut yang terlalu diperlakukan kasar akan menyebabkan rontok dan lambat laun rambut menjadi tipis. Tidak disarankan untuk terlalu sering menggunakan hair styling tools, mengikat rambut terlalu kencang atau menggunakan karet rambut yang kasar sehingga dapat merusak rambut.

Kondisi penyakit tertentu

Kondisi penyakit tertentu akan mempengaruhi pertumbuhan rambut. Misalnya penyakit lupus, diabetes dan tiroid. Hormon tiroid yang tidak seimbang yang dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis. Infeksi kulit kepala juga dapat membuat rambut rontok dan menipis. Infeksi kulit kepala akan menimbulkan gatal dan kemerahan juga membuat akar rambut tidak kuat.

Paparan bahan kimia

Terpapar bahan kimia terlalu sering juga akan merusak rambut. Terlalu sering mewarnai rambut, meluruskan, atau bleaching tidak disarankan.

Konsumsi obat tertentu

Masalah rambut tipis juga dapat disebabkan jika kamu sedang mengkonsumsi obat tertentu seperti pil KB, obat jantung, obat depresi, atau menjalani kemoterapi yang dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi vitamin A.

Kekurangan nutrisi

Selalu jaga asupan nutrisi mu agar zat besi, biotin, protein dan vitamin D dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Kekurangan nutrisi ini juga dapat membuat kuku menjadi rapuh, napas menjadi pendek dan kaki atau tangan terasa dingin.

Cara Mengatasi Rambut Tipis

Nah, Ladies and Gentlemen, tak ada masalah yang tak ada solusinya. Jangan khawatir soal rambut yang tipis karena cara-cara di bawah ini akan membantu kamu!

Ganti gaya rambut

Ganti gaya rambut kamu menjadi keriting

Ingin hasil instan? Kamu bisa mengganti gaya rambutmu. Temukan hairstylist yang tepat agar rambut tampak bervolume. Hindari belahan tengah yang mencolok, kamu bisa ganti dengan belah samping yang samar yang menciptakan efek volume pada rambut.

Baca juga:

Gunakan produk yang tepat

Pilih produk yang aman untuk rambut tipis

Perhatikan kandungan pada produk perawatan rambut yang kamu gunakan. Kandungan yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah biotin dan panthenol. Kandungannya berfungsi untuk menguatkan rambut, membuat rambut menjadi berkilau dan lebat.

Baca juga :

Pastikan nutrisi untuk rambut

Menggunakan serum untuk masalah rambut tipis

Pada saat memilih shampo atau produk perawatan rambut lain, pastikan sesuai dengan kondisi rambut kamu. Shampo dengan kandungan bahan alami akan sangat disarankan untuk  memastikan rambut kamu ternutrisi dengan baik. Kamu juga bisa menggunakan vitamin dan serum rambut untuk perawatan rutin.

Baca juga:

Gunakan sisir bulat

Menggunakan sisir bulat untuk rambut tipis

Menggunakan sisir bulat pada saat mengeringkan rambut dapat membantu kamu membentuk volume pada rambut. Gunakan sisir saat mengeringkan rambut dengan hair dryer dengan suhu yang tidak terlalu panas bentuk rambut hingga menciptakan volume.

Baca juga: 10 Jenis sisir yang cocok untuk rambut keriting

Berikan efek pada rambut

Berikan efek volume pada rambut tipis

Mau mencoba hal baru? Ladies and Gentlemen, jika suka kamu bisa memberikan efek pada rambut kamu. Berikan efek highlight atau low light pada pewarnaan rambut. Namun cara ini disarankan untuk tidak dilakukan terlalu sering karena bahan kimia yang ada pada saat proses pewarnaan rambut.

Baca juga: 11 Cara Menambahkan Volume untuk Pemilik Rambut yang Tipis

Hindari stres

Hindari stress dengan mendengarkan musik

Jaga diri kamu agar terhindar dari stres. Kamu bisa mengambil waktu untuk bersantai, berlibur, me time di rumah dan mengkonsumsi makanan yang sehat untuk melawan stres. Ingat loh, stres yang berlebihan terus menerus tidak baik untuk kesehatan rambut.

Perawatan dengan bahan alami

Perawatan rambut dengan lidah buaya

Nah, cara menghibur diri juga dapat kamu lakukan dengan perawatan di rumah dengan bahan alami. Bahan-bahan yang kamu gunakan adalah bahan yang mudah didapat, seperti lidah buaya, ginseng, minyak zaitun, kemiri, putih telur, madu dan teh hijau. Mudah didapat bukan? Buat masker DIY dengan bahan-bahan ini dan lakukan rutin 2-3 kali dalam satu minggu.

Baca juga: 12 Cara Merawat Rambut Gondrong Keriting untuk Pria Agar Tetap Sehat

Makanan bergizi

Menjaga asupan gizi dari dalam untuk membantu mengatasi penipisan rambut

Perawatan dari dalam sangatlah penting untuk mendukung semua perawatan dari luar. Konsumsi makanan yang bergizi ya Ladies and Gentlemen. Penuhi kebutuhan zinc, protein dan vitamin D kamu. Kamu bisa mengkonsumsi telur, daging, ikan, jamur, tuna, serta sayur-sayuran. Ayo hindari junk food yang terlalu sering.

Penutup

Rambut tipis memang mudah diatur tapi tampilannya yang tidak bervolume akan membuatmu merasa mengalami bad hair day setiap hari. Penyebab rambut tipis bisa dari faktor genetik, kerontokan atau gizi yang tak tercukupi. Semua penyebab itu tentu ada solusinya jika kamu konsisten memperhatikan perawatan rambutmu. Jadi tetap konsisten dan percaya diri ya Ladies and Gentlemen!