Memiliki rambut gondrong alias panjang jadi pilihan gaya rambut bagi sebagian pria. Rambut gondrong dapat membuat penampilan menjadi lebih jantan atau maskulin. Apalagi jika rambutmu adalah tipe rambut yang keriting dan tebal. 

Untuk para pria yang memilih memiliki rambut gondrong, tentunya wajib untuk selalu merawat rambut gondrong kamu. Tentu saja tugas kamu akan bertambah ketika cuaca tidak mendukung dan malah mengalami bad hair day. Kamu pun butuh memilah produk rambut yang sesuai agar tidak terlalu kering dan mengembang serta tidak terlalu berminyak. 

Nah, tidak perlu khawatir, karena kali ini ModernCurly akan membahas cara-cara untuk merawat rambut gondrongmu agar tetap cool dan siap melewati segala macam cuaca!

Contents

1. Keramas

Cara Merawat Rambut Gondrong Keriting dengan keramas
Cara Merawat Rambut Gondrong Keriting dengan keramas

Seberapa sering kamu keramas? Disarankan untuk keramas setiap 2-3 hari sekali sesuai dengan tipe kulit kepalamu, berminyak atau kering. Keramas setiap hari memang kurang disarankan karena minyak alami dari kulit kepala tetap dibutuhkan untuk memelihara kelembapan. Tanda lain bahwa kamu terlalu sering keramas adalah rambut kamu terasa kering dan mengembang.

2. Gunakan shampo dan pelembab yang tepat

Shampoo rambut gondrong pria
Gunakan shampo dan pelembab yang tepat

Selain frekuensi keramas yang diatur, pastikan kamu memilih produk rambut yang sesuai. Gunakan sampo dan kondisioner tanpa sulfat dan paraben merata sampai ke ujung rambut. Pilih formula yang melembutkan jika rambutmu tipe rambut kering, atau pilih formula pencegah kerontokan jika rambut kamu sedang rontok. Minyak alami dari kulit kepala terkadang tidak menjangkau hingga ke ujung rambut yang panjang, jadi gunakan juga produk pelembap yang sesuai dengan jenis rambut kamu.


Sulfate free shampoo Kriwil

3. Hindari menggosok rambut saat mengeringkan rambut

Mengeringkan rambut menggunakan handuk microfiber
Mengeringkan rambut menggunakan handuk microfiber

Menggosok rambut terlalu kuat akan membuat rambut semakin kusut dan rontok saat disisir. Di sisi lain, penggunaan hair dryer juga tidak disarankan karena menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang. Tepuk-tepuk saja rambutmu dengan menggunakan handuk yang lembut sampai semua air menyerap dan tidak ada yang menetes lagi. Kemudian biarkan kering secara alami (air dry).

4. Gunakan tonik rambut untuk mencegah kerontokan

Jika kamu sedang bermasalah dengan rambut yang rontok, cobalah untuk rutin menggunakan tonik rambut (hair tonic). Tonik berfungsi untuk menutrisi dan memperkuat akar rambut agar tidak mudah rontok. Tuang secukupnya pada kulit kepala kemudian pijat dengan lembut agar tonik meresap sempurna.

5. Gunakan krim pengurai rambut (curl cream)

Curl cream rambut gondrong pria
Gunakan krim pengurai rambut (curl cream) untuk rambut gondrong pria

Tentu saja kamu ingin menonjolkan keikalan rambut keritingmu tanpa membuatnya terlihat kering dan kaku. Kamu bisa coba mengaplikasikan curl cream atau krim pengurai rambut. Krim ini berfungsi untuk membantu mengurai kekusutan pada rambut keritingmu.

6. Gunakan serum rambut

Serum rambut memiliki fungsi yang berbeda dengan tonik rambut. Serum rambut biasanya diformulasikan untuk dapat melembutkan rambut, mengurai kekusutan, dan melindungi rambut dari panas, debu dan polusi. Serum rambut dapat merupakan solusi dari berbagai masalah rambut yang instan dan jangka pendek, jadi bisa kamu gunakan sebelum pergi beraktivitas.

7. Gunakan pomade atau clay

Gunakan pomade atau clay untuk merawat rambut gondrong keriting pria

Kamu ingin terlihat lebih bergaya? Gunakan pomade atau clay yang sesuai dengan kebutuhan styling rambut kamu. Selain untuk tampil gaya, pastikan pomade/clay yamg kamu gunakan mengandung nutrisi dan menawarkan perlindungan ekstra untuk rambut keriting kamu. 

8. Gunakan peralatan dan aksesoris

Sisir rambut gondrong keriting pria
Sisir rambut gondrong keriting pria

Jika kamu masih mengikat rambut menggunakan karet gelang biasa, sebaiknya kamu segera ke supermarket terdekat untuk membeli karet yang memang didesain untuk mengikat rambut, terutama yang berbahan lembut. Menggunakan karet biasa hanya akan membuat rambutmu tertarik dan kusut tidak karuan. Selain itu, pilih sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut dan hindari menyisir saat rambut dalam keadaan kering.

Baca juga : 10 Jenis sisir yang cocok untuk rambut keriting

9. Jangan terlalu sering menggunakan penutup kepala

Cara merawat rambut gondrong keriting pria
Cara merawat rambut gondrong keriting pria : Jangan memakai penutup kepala terlalu lama

Aksesoris penutup kepala seperti topi atau kupluk memang membuat penampilanmu lebih cool dan adalah benda penyelamat saat bad hair day. Tapi ternyata menggunakan topi atau penutup kepala terlalu lama dapat menyebabkan traction alopecia. Traction alopecia adalah kondisi terjadinya kerontokan rambut karena kerusakan pada akar rambut. Jika kamu memang suka menggunakan topi atau penutup kepala, lebih baik tidak terlalu kencang memakainya atau coba sesekali dilepas dan biarkan rambutmu bernapas.

10. Rutin creambath

Rutin creambath akan membuat rambut gondrong keritingmu sehat
Rutin creambath akan membuat rambut gondrong keritingmu sehat

Kata siapa creambath hanya untuk wanita? Jangan ragu dan malu untuk pergi creambath sesekali karena rambut gondrongmu juga butuh nutrisi dan perawatan lebih. Creambath bisa membuat rambutmu lebih sehat dan kuat, jadi tidak gampang rontok. Bonusnya, kamu juga sekaligus relaksasi karena biasanya juga mendapat pijatan dari kepala hingga bahu.

Kalau rambut kamu bermasalah, kamu bisa rutin creambath dua atau tiga minggu sekali, namun sebulan sekali juga sudah cukup untuk kamu yang hanya ingin maintenance. Saat ini sudah banyak juga barbershop yang menawarkan layanan creambath. Kalau barbershop langganan kamu tidak menawarkan layanan creambath, ajak saja ibu, saudara, atau pasangan untuk pergi ke salon dan creambath bersama.

11. Potong ujung rambut (trimmed)

Potong ujung rambut (trimmed)
Potong ujung rambut (trimmed)

Memiliki rambut yang gondrong keriting terkadang membuat nutrisi tidak sampai ke ujung rambut. Karena berbagai faktor lain pula, ujung rambut dapat dengan mudah menjadi kering dan bercabang. Jika kamu mulai merasa ujung rambut kamu kering dan bercabang, ada baiknya potong sedikit ujung rambut kamu. Lakukan setiap satu sampai dua bulan sekali atau seperlunya.

12 Ikat rambut saat beraktivitas

Ikat rambut saat beraktivitas
Ikat rambut saat beraktivitas

Demi kenyamanan dan keamanan rambut, sebaiknya ikat rambut gondrongmu ketika beraktivitas. Bagi yang masih menggunakan karet gelang, lebih baik membeli karet khusus rambut atau ikat rambut yang berbahan kain lembut. Jangan ikat rambutmu terlalu kencang dan jangan mengikatnya saat dalam keadaan basah agar rambutmu tidak rusak.

13. Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air panas memang terasa sangat nyaman dan memberikan efek relaksasi. Tetapi di sisi lain, air panas akan membuat kulit kepala dan rambut kamu kering. Air panas mudah meluruhkan minyak alami yang terdapat di seluruh permukaan kulit kamu, termasuk kulit kepala. Padahal, minyak alami ini juga dibutuhkan untuk menjaga kelembapan alami, membuat rambut mengkilap dan sehat.

14. Gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat

Produk perawatan rambut yang digunakan dari luar memang dapat menyelesaikan masalah rambut kamu, tapi tidak untuk jangka panjang jika gaya hidup kamu kurang sehat. Stres, diet yang kurang sehat, merokok, kurang tidur, dan kurang olahraga dapat menjadi faktor yang membuat kondisi tubuh dan rambut kamu tidak sehat. Jadi jangan lupa untuk jaga kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan dan banyak minum air putih, ya!

Demikian beberapa cara untuk merawat rambut gondrong keriting bagi para pria pemilik rambut keriting. Memang sedikit ribet, tapi hasilnya pasti worth it kok. Selamat mencoba!

Pin It on Pinterest

Share This