Meskipun rambut membutuhkan kelembaban, namun saat rambut lembab berlebihan malah membuat penampilan tidak asik. Apalagi saat cuaca sedang gerah. Mungkin rasanya kamu ingin memeras rambutmu dan menampung minyak-minyak pada rambut dalam satu wadah. 

Rambut lepek dan berminyak adalah kondisi di mana ketika rambut memiliki minyak alami atau yang disebut sebum yang berlebihan.

Kondisi ini mengakibatkan rambut  terlihat berminyak atau seperti basah kuyup. Selain mengganggu penampilan, rambut yang lepek juga mengganggu kenyamanan terlebih jika kamu memakai hijab. Rambut lepek juga dapat menyebabkan ketombe loh. Jadi jika kamu ada dalam kondisi ini, sebaiknya kamu segera mencari tahu cara mengatasinya. Sebelum itu, kita akan cari tahu ciri-ciri rambut lepek.

Ciri-ciri Rambut Lepek

Terasa lengket

Rambut lepek dan berminyak tentu terasa lengket saat dipegang. Biasanya kamu akan merasa tidak nyaman pada bagian kulit kepala karena gerah. Tentu saja karena minyak yang berlebih pada rambut dan kulit kepala.

Terlihat mengkilap

Minyak yang berlebih akan membuat batang rambut terlihat mengkilap. Namun bukan karena hair cream atau vitamin rambut melainkan karena minyak berlebih yang ada pada rambut dan kulit kepala. Bahkan jika berminyak cukup parah, kamu terlihat seperti sedang basah kuyup. 

Tidak bervolume

Rambut yang berminyak membuat batang rambut saling berdempetan. Tentu tidak akan membuat rambut menjadi bervolume. Jika kamu memiliki rambut keriting atau bergelombang, memang membutuhkan minyak alami untuk melembabkan, tetapi tidak ingin pula volume rambut dan keikalannya menghilang bukan? Maka kondisi ini pasti akan mengganggu penampilan kamu.

Terasa gatal

Karena produksi minyak berlebih atau karena kotor menjadikan rambut lepek dan biasanya menimbulkan rasa gatal dan gerah. Kondisi ini juga bisa membuat rambutmu berketombe loh jika tidak diatasi dengan segera.

Rontok

Loh kenapa rambut berminyak mudah rontok ya? Rambut yang berminyak akan membuat debu dan polusi mudah menempel pada batang rambut. Ini lah yang akan merusak batang rambut dan membuat rambut kamu menjadi rontok.

Bau tidak sedap

Biasanya ketika rambut memiliki minyak berlebih akan menghasilkan bau tidak sedap. Bau ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak karena bantuan minyak berlebih itu Ladies and Gentlemen. Jika kamu merasa minyak berlebih dan mengeluarkan bau tidak sedap, sebaiknya segera diatasi ya.

Penyebab Rambut Lepek dan Berminyak

Agar Ladies and Gentlemen tidak salah langkah sebelum mengetahui cara mengatasi rambut lepek, sebaiknya kita cari tahu dulu nih penyebabnya. Sebenarnya apa sih kebiasaan yang dapat membuat rambut lepek? 

Suhu yang panas

Suhu yang panas

Suhu atau cuaca yang panas dan lembab akan mudah untuk jamur menjadi lebih aktif sehingga kulit kepala lebih mudah berminyak. Ini bisa menjadi salah satu penyebab mengapa rambutmu menjadi lepek dan berminyak saat kondisi sedang panas.

Peralatan yang kotor

Sisir rambut yang kotor

Nah ini hal sepele yang mungkin sering kamu abaikan Ladies and Gentlemen. Perhatikan alat-alat yang kamu gunakan terutama sisir. Apa kamu membersihkan atau mencuci sisir dengan baik dan secara rutin? Jika tidak, sebaiknya kamu segera mengecek sisir yang kamu gunakan. Peralatan yang kotor adalah tempat berkembang-biaknya jamur dan bakteri. Menggunakan peralatan itu bisa menjadi penyebab rambut kamu lepek dan berminyak.

Baja juga: 10 Jenis sisir yang cocok untuk rambut keriting

Keramas terlalu sering

Keramas dengan benar

Untuk mencegah rambut berminyak mungkin kamu akan membersihkannya dengan cara keramas dengan benar. Ya, benar itu adalah langkah tepat. Namun perhatikan intensitas keramas ya, Ladies and Gentlemen. Keramas terlalu sering justru akan membuat rambutmu berminyak. Karena kulit kepala akan kering dan otomatis tubuhmu akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk melembabkannya. Kenali kondisi rambut sebelum menentukan intensitas keramas.

Salah memilih shampo

Pilih shampo yang sesuai kondisi rambut kamu. Jika rambut kamu berminyak jangan pilih shampo untuk rambut kering. Karena tentu kandungan dan manfaatnya berbeda. Sama seperti point sebelumnya, kenali dahulu tipe dan kondisi rambut sebelum kamu memilih produk.

Penggunaan Kondisioner yang salah

Menggunakan Kondisioner dengan Benar

Pengaplikasian kondisioner perlu diperhatikan, jangan dan sangat dilarang untuk kamu menggunakan kondisioner hingga ke pangkal rambut. Sisa kondisioner yang tertinggal pada kulit kepala akan membuat rambut berminyak. Ini juga berlaku pada produk perawatan rambut lainnya yang tidak menyarankan untuk digunakan hingga pangkal rambut.

Baca juga:

Menutup Kepala Saat Masih Basah (Topi, Hijab, dsb)

Wanita menggunakan topi menutupi rambut lepek dan berminyak

Hayo.. siapa yang masih suka mengikat rambut atau menutup rambut saat kepala masih basah? Kebiasaan ini akan membuat rambut kamu menjadi tempat favorit bermain dan bercanda gurau untuk para bakteri dan jamur.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

Jadi setelah tahu penyebabnya, apa nih kira-kira yang menyebabkan Ladies and Gentlemen terjebak dalam kondisi ini? Yuk kita cari tahu sama-sama cara mengatasi rambut lepek!

Gunakan shampo yang tepat

Gunakan shampo sesuai dengan kondisi rambut kamu. Kenali rambut kamu sepenuhnya sebelum memilih shampo. Jika kamu tidak yakin pada shampo yang akan kamu gunakan, kamu bisa membeli size kecil untuk mencobanya terlebih dahulu.

Baca juga: 7 Tips Memilih Shampoo untuk Rambut Keriting

Sesuaikan intensitas keramas

Intensitas keramas

Intensitas keramas sangat penting. Jika rambutmu kering, intensitas keramas mungkin akan lebih sedikit dibanding dengan tipe rambut yang berminyak. Karena jika terlalu kering, justru minyak alami yang diproduksi akan lebih banyak setelahnya.

Coba gunakan dry shampoo

Menggunakan dry shampoo untuk rambut lepek dan berminyak

Cara ini dapat kamu gunakan saat sedang menjalani aktivitas. Dry shampo akan membantu kamu menyerap minyak berlebih dan mengembalikan volume rambut. Cocok jika kamu tidak sempat keramas.

Gunakan Kondisioner dengan Tepat

Gunakan Kondisioner dengan Tepat

Jangan bandel dengan melanggar cara pemakaian yang sudah tertera pada kondisioner. Kondisioner digunakan dari bagian tengah patang rambut hingga ke ujung rambut. Jangan gunakan sampai ke pangkal rambut.

Hindari Mengikat atau Menutup Rambut saat Basah

Jangan mengikat rambut saat basah

Jangan langsung menutup rambut dalam kondisi yang masih basah. Keringkan rambut terlebih dahulu sebelum memakai penutup kepala ya, Ladies and Gentlemen. Selain membuat rambut menjadi berminyak, rambut juga langsung mengeluarkan bau tidak sedap. Padahal setelah keramas kita mengharapkan rambut yang bersih dan wangi kan.

Gunakan Hair Tonic

Gunakan serum rambut

Gunakan bantuan dari hair tonic. Atau kamu juga bisa membuat hair tonic sendiri dengan bahan alami seperti cuka apel dan perasan lemon. Bahan alami tersebut dapat membantu menyeimbangakn pH pada kulit kepala dan mencegah datangnya ketombe.

Perawatan Rutin

Lakukan perawatan yang rutin untuk rambut lepek

Perawatan rutin dapat kamu lakukan di rumah dengan membeli produk kecantikan yang banyak dijual di pasaran. Namun jika kamu lebih percaya dengan bahan alami, kamu dapat mencoba membuat masker lidah buaya sendiri. Atau kamu bisa mencoba mencuci rambut dengan cuka apel dan teh hijau. Mungkin akan sedikit lebih merepotkan, namun kandungan pada bahan alami lebih berkhasiat dan lebih aman tentunya.

Baca juga: Panduan Memilih Produk Perawatan Rambut yang Baik

Perawatan dari dalam tubuh

Perawatan dari dalam tubuh

Perhatikan makanan yang kamu konsumsi. Makanan yang baik untuk kulit kepala yang sehat adalah vitamin B dan E, lemak baik dan Zinc. Perawatan dari dalam tentu akan membantu perawatan dari luar yang sudah kamu lakukan.

Konsultasikan pada Dokter

Konsultasi dengan dokter

Jika kamu merasa rambut lepek dan berminyak sudah sangat parah dan berbagai macam hal sudah dicoba. Jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya, Ladies and Gentlemen. Mungkin terdapat faktor genetik atau hal lainnya. Lebih baik dengan penanganan segera agar tidak menimbulkan masalah rambut atau kulit kepala lainnya.

Penutup

Rambut memang memerlukan minyak alaminya. Namun jika minyak yang dihasilkan berlebih, akan membuat rambut lepek dan tidak sedap dipandang. Meskipun pemilik rambut keriting atau ikal, akan sangat membutuhkan kelembaban, tapi perlu diperhatikan juga kadarnya. Jadi, Kenali terlebih dahulu rambut kamu agar kamu dapat memperlakukannya dengan baik dan sesuai.

Baca juga: