Rambut merupakan mahkota seorang wanita, mahkota yang indah akan didapat ketika perawatan rambut yang benar. Tapi sering kali memiliki rambut yang indah terhalangi oleh masalah-masalah rambut yang mengganggu dan menurunkan kepercayaan diri. So Ladies, beberapa masalah rambut ini sering dialami dan simak solusinya agar mahkotamu tetap indah.

1. Rambut Lepek dan Berminyak

Penyebab Rambut Lepek dan solusinya

Para Ladies pasti tahu bahwa menjaga rambut tetap lembab adalah cara agar rambut tetap sehat. Tapi rambut yang terlalu lembab akan membuat rambut menjadi lepek. Penyebab lainnya adalah debu dan polusi, keramas yang tidak bersih, pemilihan produk yang salah atau menggunakan perlatan rambut yang kotor. Usahakan selalu lindungi rambut dari debu dan polusi, membersihkan peralatan rambut yang sering digunakan, dan pastikan memilih produk yang tepat. Coba gunakan perasan lemon atau lidah buaya untuk perawatan rambut lepek juga bisa loh Ladies.

2. Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok dan solusinya

Melihat rambut yang rontok berjatuhan memang tidak menyenangkan. Apalagi jika rontok dalam jumlah banyak. Apa sih solusi masalah rambut rontok? Pertama, Ladies, kita cari tahu dulu penyebabnya. Penyebab rambut rontok bisa karena faktor genetic, berkurangnya hormon testosterone, stress dan tekanan, penggunaan obat-obatan atau karena makanan yang tidak bergizi. Cobalah mengonsumsi akanan yang bergizi seimbang dan mengurangi stress. Ladies bisa melakukan perawatan dari luar seperti penggunaan masker alami. Jika rontok terlalu parah, Ladies sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

3. Rambut Kering

Penyebab Rambut Kering dan solusinya

Masalah rambut ini tidak bisa disembunyikan dari khalayak ramai, karena jika rambutmu kering pasti langsung terlihat dan mengganggu penampilan. Penyebab rambut kering bisa karena penggunaan produk yang salah. Seperti yang sudah Ladies ketahui, sampo dengan kandungan sulfate akan membuat rambut kering aplaagi jika Ladies memiliki rambut keriting sebaiknya hindari kandungan sulfate pada sampo. Penyebab lainnya bisa karena terpapar sinar matahari dan polusi. Jadi usahakan untuk tetap lindungi rambut ketika berpergian keluar ya. Ladies bisa memberikan vitamin rambut yang melindungi, menggunakan minyak alami atau perawatan lainnya seperti masker rambut.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Mengembang

4. Kulit Kepala Kering (Dry Scalp)

Penyebab Dry Scalp dan solusinya

Kulit kepala yang kering memang menimbulkan rasa tidak nyaman karena gatal. Dry scalp berbeda dengan ketombe loh Ladies. Kulit kepala yang kering akan menimbulkan serpihan putih yang halus, sedangkan ketombe serpihannya akan lebih besar dan disebabkan oleh kulit kepala yang kotor, lepek atau berminyak. Lalu apa sih penyebab dry scalp? Penyebabnya bisa karena kandungan sulfate dalam sampo, terlalu sering keramas, dehidrasi, penggunaan produk dengan bahan kimia yang terlalu keras. Solusinya tentu sebaiknya Ladies harus lebih bijak dalam memilih produk sampo. Lakukan perawatan dari dalam dengan konsumsi air yang cukup dan makanan bergizi seimbang.

Baca juga: 8 Cara Merawat Kulit Kepala untuk Rambut yang Sehat

5. Rambut Berketombe

Penyebab Rambut Berketombe dan solusinya

Nah, kalau tadi dry scalp, ini baru ketombe. Serpihan ketombe lebih besar daripada dry scalp. Penyebabnya adalah kulit kepala yang kotor dan berminyak. Bisa juga karena penggunaan produk rambut yang tidak cocok, tidak membersihkan rambut dengan baik, dan terlalu banyak makan junk food. Karena memang makanan memepengaruhi tubuh kita dari dalam, jadi lebih baik kurangi junk food ya Ladies. Gunakan produk rambut dengan kandungan bahan alami lalu keramaslah dengan bersih, pastikan tidak ada sisa sampo atau kondisioner yang masih menempel.

6. Kulit Kepala Gatal

Penyebab Kulit Kepala Gatal dan solusinya

Gatal pada kulit kepala perlu kita perhatikan penyebabnya terlebih dahulu sebelum menemukan solusi yang tepat. Gatal pada kulit kepala dapat disebabkan karean suhu sedang dingin dan kulit kepala terasa kering, atau bisa karena kulit kepala berketombe. Jika itu adalah penyebabnya, lakukan cara sebagai solusi. Namun jika karena kutu atau gatal pada kulit kepala terasa perih dan menimbulkan bintik merah sebaiknya konsultasikan ke dokter agar mendapat perawatan atau pengobatan yang tepat.

7. Rambut Tipis

Penyebab Rambut Tipis dan solusinya

Rambut bervolume yang indah merupakan dambaan para Ladies. Namun kamu memiliki rambut yang tipis? Perlu diketahui bahwa rambut yang tipis bisa terjadi karena kerontokan yang berlangsung lama atau karena faktor genetik. Jika penyebabnya adalah kerontokan maka Ladies dapat melakukan perawatan seperti yang sudah dijabarkan di atas. Namun jika penyebabnya dalah faktor genetik, lakukan perawatan dari dalam dan perawatan tambahan seperti lidah buaya dan minyak zaitun pada rambut agar merangsang pertumbuhan rambut. Ladies juga bisa mengakalinya dengan model atau potongan rambut yang sesuai agar rambut terlihat bervolume.

Baca juga: 11 Cara Menambahkan Volume untuk Pemilik Rambut yang Tipis

8. Rapuh dan mudah patah

Nah, masalah rambut rontok ini paling sering dihadapi pemilik rambut panjang. Apalagi jika Ladies adalah penggemar peralatan rambut seperti hairdryer dan catokan. Penyebab lainnya bisa karena pola makan, stress hingga memiliki hipootiroidisme (gangguan tiroid rendah), kelenjar tiroid tidak cukup menghaslkan hormone tiroid yang dapat menjaga pertumbuhan rambut. Ini saatnya untuk Ladies berolahraga untuk menghindari stress, menjaga pola makan dengan gizi seimbang dan jika memiliki gangguan tiroid rendah sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya.

9. Penipisan

Penyebab Penipisan rambut dan solusinya

Penipisan rambut dapat terjadi karena kerontokan parah yang berlangsung sangat lama. Kerontokan rambut yang parah dapat disebabkan penyakit, trauma emosional, kekurangan protein, perubahan hormon, kehamilan, pubertas, menopause, serta penyakit tiroid dan anemia. Jika Ladies mengalami kerontokan sebaiknya langsung dicari tahu solusinya dan penipisan dapat dicegah. Namun jika sudah terlanjur mengalami penipisa, tenang saja. Tidak ada kata terlambat, Jaga pola makan dengan gizi seimbang, penuhi protein harian, lakukan perawatan dari luar dengan bahan-bahan alami. Jika penipisan terjadi sangat parah, konsultasikan dengan ahlinya.

10. Rambut Beruban

Penyebab Rambut Beruban dan solusinya

Memiliki rambut beruban memang tidak dapat kita hindari karena di usia lanjut, produksi melanin rambut sudah berkurang. Namun bagaimana jika rambutmu beruban di bawah usia 30 tahun? Penyebabnya bisa karena genetik atau karena penyakit lain. Untuk mengetahui penyakit tentu saja harus berkonsultasi dengan ahli. Namun cara mencegah rambut beruban sangatlah mudah. Jaga pola makan kamu dengan memperhatikan kandungan vitamin B12, omega 3 dan vitamin D. Usahakan untuk menghindari rokok yang dapat menyebabkan penuaan dini.

11. Rambut Kusam

Penyebab Rambut Kusam dan solusinya

Sama seperti kering, kusam membuat tampilan rambut tidak sedap dipandang. Tentu jauh dari mimpi memiliki mahkota indah, sehat dan bervolume. Cara yang paling mudah mengatasi rambut kusam adalah dengan asupan air putih yang cukup agar rambut terhidrasi dengan baik, kurangi penggunaan hairstyling berlebihan yang dapat menyebabkan kering dan kusam, lindungi dari sinar matahari dan polusi. Rambut kusam juga dapat disebabkan oleh rambut bercabang, ajdi jangan ragu untuk memotong rambut yang bercabang. Lalu gunakan vitamin rambut atau minyak alami untuk rambut kamu ya Ladies.

12. Rambut Bercabang

Penyebab Rambut Bercabang dan solusinya

Ada banyak alasan mengapa ujung rambut menjadi bercabang. Ujung rambut adalah bagian ‘tertua’ dari rambut dan bagian inilah yang paling sering terpapar keausan dan akibatnya, sangat mudah ‘robek’. Beberapa hal yang menyebabkan rambut bercabang adalah penggunaan bahan kimia dalam proses pewarnaan rambut, pengeritingan, atau pelurusan rambut. Selain itu, penyebab rambut bercabang lainnya adalah karena sering menggunakan pengering rambut (hair dryer) dan catokan.

Jika kamu  memiliki rambut yang panjang, rambutmu akan rentan bermasalah rambut kering dan bercabang. Karena nutrisi yang didapat dari pangkal rambut tidak sampai ke ujung rambut. Untuk mencegah agar trambut tidak bercabang, gunakan vitamin atau pelembab rambut pada ujung rambut. Jika rambut bercabang sudah parah dan membuat tampilan rambut menjadi kering, sebaiknya potong ujung rambut yang rusak. Kurangi penggunaan hairstyling pada rambut yang berlebihan. Selain dapat menyebabkan rambut kering dan bercabang akan membuat rambut rontok karena patah loh, Ladies.

13. Botak dini

Penyebab Botak Dini dan solusinya

Kerontokan secara berlebihan sehingga menyebabkan kebotakan disebut juga alopecia. Kondisi ini pasti menurunkan rasa percaya diri ya, Ladies. Masalah seperti kering daja sudah mengganggu apalagi kebotakan. Alopecia dapat disebabkan oleh bahan kimia yang berlebihan, faktor genetik, atau penyakit. Jika usiamu di bawah 30 tahun dan sudah mengalami kebotakan sebaiknya cari tahu pada ahlinya. Untuk mencegah kebotakan dini, sebaiknya tidak mengikat rambut terlalu kencang, lebih bijak dalam memilih produk rambut dengan kandungan bahan alami, dan biarkan rambut tumbuh dengan warna dan tekstur aslinya ya, Ladies.

Jadi, mana nih masalah rambut yang masih kamu hadapi? Semoga tips dari ModernCurly dapat membantumu mengatasi masalah rambut ya. Jangan lelah dan selalu disiplin dalam melakukan perawatan rambut untuk hasil mahkotamu lebih indah!