Umumnya para pemilik rambut tipis memiliki masalah dengan rambutnya yang terlihat lepek dan kurangnya volume rambut. Memiliki jenis rambut lurus atau jenis rambut tipe 2 yang biasanya bergelombang tipis juga terkadang membuat kita tidak percaya diri dan putus asa untuk memiliki rambut yang tebal. Rambut ber-volume memang terlihat indah dan membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Untuk mendapatkannya, kamu mungkin perlu melakukan sedikit make over pada rambut. Cara menambahkan volume ini, tentu sedikit berbeda dengan cara membuat keriting gantung.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba sendiri untuk menambah volume rambut agar terlihat lebih tebal.

Contents

1. Ubah Belahan Rambut

Menambahkan Volume untuk Pemilik Rambut
Belahan rambut gelombang Angelina Jolie

Ubah belahan rambut kamu untuk menciptakan volume pada rambut kamu. Pasti kamu memiliki belahan yang biasanya kamu pilih saat menyisir rambut. Biasanya pada bagian itu pula rambut kamu mungkin terasa tipis dan rontok secara alami. Biasanya kita akan membelah rambut kita saat menyisir di bagian tengah atau di luar pusat rambut, yaitu di sisi kiri atau kanan. Masalahnya, di situlah letak rambut kamu yang paling rata.

Untuk teknik pertama ini, cobalah untuk mengubah belahan rambut kamu untuk menambahkan volume rambut. Jika biasanya kamu belah di kiri, cobalah untuk membelah rambut di sisi kanan. Jika kamu terbiasa membelah rambut di bagian tengah, mulailah mencari posisi untuk membelah rambut di bagian kiri atau kanan. 

Membalik atau mengubah belahan rambut kamu ke sisi yang berlawanan akan menghasilkan volume instan di mahkota. Nah, jika kamu khawatir akan terlihat miring, maka lakukan trik ini saat rambut kamu masih basah. Untuk menambah tinggi volume rambut, coba sisir ke bagian dalam di sisi berlawanan pada rambut kering, semprotkan sedikit hairspray untuk menahan gravitasi. 

2. Trik Rol Rambut

gunakan rol rambut untuk menambah volume
Gunakan rol rambut untuk menambah volume

Banyak sekali yang melupakan kekuatan roller rambut. Tidak seperti alat pengeriting rambut dan catokan, tidak diperlukan teknik khusus saat kamu menggunakan rol rambut. Cukup pasangkan saja sebentar di rambut kamu, sekitar 20 menit kemudian, kamu akan memiliki volume rambut yang manis. Cara ini adalah trik yang bagus jika rambut kamu sudah kering.

Yang mungkin perlu kamu lakukan adalah memilih arah mana gelombang ikal yang kamu mau. Gelombang keluar dari wajah memberi kamu gelombang ala Hollywood yang glamourous, sementara gelombang masuk ke arah wajah menciptakan tampilan yang lebih vintage.

Tips lainnya untuk membuat volume kamu bertahan lama, semprotkan sedikit hairspray ke setiap bagian rambut sebelum menggulung rol rambut kamu. Setelah 20 menit, kamu bisa melepas rol rambut dan menyisirnya di beberapa bagian untuk tampilan gelombang yang natural dan modern.

3. Crimping Rambut

Rambut keriting dengan teknik crimping dulu terkenal di tahun 80-an, dan sekarang kembali populer, tetapi jelas dengan cara yang benar-benar baru dan tidak terlalu norak. 

Jika kamu tertarik menggunakan teknik ini untuk menambah tampilan volume rambut, cobalah untuk hanya mengeriting di bagian akar atau di lapisan bawah rambut. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat tekstur kasar dan membuatnya menonjol dari kulit kepala. Dengan teknik ini, kamu bisa mendapatkan volume rambut yang lembut dan tampak alami. Bagian terbaiknya adalah teknik ini hanya membutuhkan beberapa menit, tidak seperti alat pengeriting rambut dan catokan yang memerlukan kesabaran dan keahlian.

4. Sasak Akar Rambut

Sasak akar rambut untuk menambah volume
Sasak akar rambut untuk menambah volume

Mungkin teknik sasak rambut yang akrab dengan masyarakat kita adalah dengan menyisir rambut secara berlawanan atau bolak balik. Tapi ini bukan berarti kamu harus menyisir rambut ke belakang secara agresif dengan sisir bergigi rapat, cara ini justru akan membuat rambut kamu menjadi kusut dan acak-acakan. 

Untuk teknik sasak yang dapat membuat volume rambut terlihat lembut, kamu bisa coba dengan menyikat akar ke arah belakang menggunakan sisir bergigi besar atau bergigi jarang. Pertama, kamu perlu menjepit lapisan paling atas dari rambut, lalu menyikat kembali sisanya, kerjakan bagian demi bagian. Pegang setiap bagian dengan kencang dan menjauh dari kepala, sikat dengan gerakan ke bawah di akar dengan tiga gerakan cepat. Untuk membuat volume, semprot setiap area yang disisir kembali dengan hairspray. Setelah kamu menyelesaikan semua bagian, lepaskan bagian rambut sisanya untuk ‘jatuh’ secara alami.

5. Blow-Dry Terbalik

ciptakan volume rambut dengan blow dry terbalik
Ciptakan volume rambut dengan blow dry terbalik

Ini adalah salah satu teknik terbaik dan termudah yang dapat kamu lakukan sendiri setelah keramas. Untuk mendapatkan rambut yang lebih ber-volume, kamu hanya perlu mengeringkan rambut kamu dengan blow dryer, namun lakukanlah secara terbalik. Memang, cara ini kedengarannya terlalu mudah, tapi begitulah para penata rambut mengeringkan rambut klien mereka setiap kali selesai potong rambut. Alasan teknik blow dry terbalik ini berhasil adalah karena dilakukan secara terbalik, berlawanan dengan arah jatuhnya rambut. Dengan demikian, akar rambut kamu secara otomatis terangkat dari kulit kepala kamu.

6. Jaga Kekuatan Akar Rambut

Memperkuat akar rambut
Memperkuat akar rambut

Produk-produk yang memberikan nutrisi agar akar rambut kamu menjadi lebih kuat adalah sahabat sejati bagi rambut kamu. Dengan akar rambut yang kuat dan sehat, akan memberikan struktur dan dukungan yang lebih baik untuk menciptakan volume rambut serta membantu gaya rambut kamu bertahan sepanjang hari atau bahkan hingga beberapa hari.

Baca juga: 8 Cara Merawat Kulit Kepala untuk Rambut yang Sehat

Carilah produk yang dirancang khusus untuk rambut halus agar tidak ‘memberatkan’ batang rambut kamu, kemudian aplikasikan ke kulit kepala secara merata. Pastikan kamu menggunakannya pada rambut lembap karena produk yang ditujukan untuk akar rambut tidak akan berfungsi setelah rambut dikeringkan.

7. Gunakan Shampo Penambah Volume

Shampoo penambah volume

Kamu mungkin akan terkejut dengan perbedaan yang dapat dibuat oleh sampo yang tepat untuk meningkatkan volume rambut. Coba gunakan produk yang kandungannya berkualitas dan tidak terlalu berat, biasanya berwarna bening atau tembus pandang, karena produk tersebut kemungkinan besar tidak mengandung bahan kondisioner yang memberatkan rambut. Bahan kondisioner yang berat akan membuat rambut kamu lebih “jatuh” karena gravitasi. Saat ini di pasaran terdapat banyak pilihan sampo yang membantu membangun volume tanpa merusak rambut dan aman untuk rambut berwarna.

8. Cepolan Saat Tidur

Cepolan saat tidur akan menambahkan volume rambut
Cepolan saat tidur akan menambahkan volume rambut

Scrunchie atau ikat rambut kamu akan sangat berguna untukmembentuk volume semalaman tanpa alat pemanas seperti catokan, blow dryer, atau curling iron. Setelah mandi di malam hari, gunakan ikat rambut membentuk cepolan saat masih lembap dan kencangkan dengan scrunchie berbahan lembut kesayangan kamu. Dengan teknik ini saat kamu bangun besok, rambut kamu akan lebih terangkat dan memberikan bentuk volume yang instan. Bonusnya, kamu juga akan mendapatkan bentuk ikal dengan  gelombang yang lembut. 

9. Warnai Rambut Anda

Mengubah warna rambut sebenarnya tidak benar-benar menambah volume, tetapi memberikan ilusi visual rambut kamu agar lebih tebal. Jika beberapa bagian rambut berwarna lebih gelap dari yang lain, maka rambut kamu akan terlihat lebih tebal. 

Teknik memberikan kontras pada rambut, digunakan oleh banyak salon untuk menciptakan ilusi volume. Misalnya dengan menempatkan highlight di lapisan bawah rambut kamu dan dengan warna tone-on-tone.  Kedua teknik pewarnaan tersebut dapat memberi ilusi volume rambut yang lebih tebal dan membuat kamu tampil modis, trendi, dan percaya diri.

10. Gunakan Dry Shampoo

Minyak alami kulit kepala yang berlebihan dapat membuat rambut lepek dan kehilangan volume. Sementara itu, terlalu sering keramas juga tidak terlalu baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara umum. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba menggunakan dry shampoo sebagai selingan sebelum hari keramas tiba. 

Agar efektif mengangkat rambut kamu, semprot dry shampoo ke kulit kepala dan batang rambut. Dry shampoo akan membentuk lapisan yang akan menyerap minyak alami dan mencegahnya menempel pada rambut. Cara ini akan membantu rambut tetap ber-volume dan gaya rambut bertahan lebih lama.

11. Potong Rambut

Mungkin cara ini agak ekstrem bagi kamu yang lebih menyukai rambut panjang, tetapi dengan memotong rambut lebih pendek dapat menambahkan sedikit volume pada rambut kamu. Mintalah stylist kamu di salon untuk memberikan model rambut dengan layer sebagai solusi untuk menambah volume rambut. Jika kamu siap untuk memotong rambut kamu, kamu bisa melihat 25 Model Rambut Pendek Modern Curly sebagai inspirasi.

12. Extension Rambut

Cara ini bisa kamu tempuh jika kamu menginginkan rambut yang lebih tebal dan ber-volume yang sifatnya semi permanen. Perlu diketahui, memasang extension rambut juga memerlukan cara khusus untuk menjaganya tetap menempel dan awet. Di sisi lain, menggunakan extension rambut akan sangat menghemat waktu kamu karena tidak perlu berlama-lama berkutat dengan alat-alat styling dan bergantung pada hairspray.

13. Bilas Kepala dengan Cuka Apel

Apple cider vinegar atau cuka apel bisa membantu mengurai residu berbagai produk yang mungkin telah menumpuk di kulit kepala dan rambut kamu. Penumpukan residu ini seringkali menjadi penyebab kulit kepala kamu memproduksi minyak berlebih dan akibatnya rambut kamu cepat lepek. Residu produk juga dapat tertinggal di helaian rambut kamu dan membuatnya “berat”, sehingga rambut tipis kamu menjadi sulit terangkat. Membilas kepala dengan cuka apel tidak perlu terlalu sering, cukup beberapa minggu sekali dan kamu akan merasakan bedanya. 

Sudahkah kamu mencoba salah satu dari cara menambahkan volume untuk pemilik rambut yang tipis? Atau justru kamu memiliki saran untuk tips lainnya? Yuk, share komentar di bawah, ya!

Pin It on Pinterest

Share This