Pernahkah Ladies and Gentlemen mengalami masalah kulit kepala kering atau berketombe? Atau Ladies and Gentlemen masih belum yakin bahwa masalah rambut apa yang sedang dihadapi? Tahukah kamu bahwa kulit kepala kering tidak sama dengan berketombe? Mungkin Ladies and Gentlemen pernah mengalami masalah kulit kepala kering namun mengira bahwa itu adalah ketombe. Hmm.. maka cara menanganinya juga akan salah dong ya. Beda masalah rambut tentu berbeda juga penanganannya. Agar tidak salah memberikan perawatan lagi, cari tahu yuk perbedaannya!

Kulit kepala kering atau dry scalp adalah kondisi di mana kulit kepala kekurangan kelembabannya dan menyebabkan munculnya serpihan-serpihan putih kecil yang sekilas menyerupai ketombe. Masalah rambut ini sangat tidak nyaman karena menimbulkan gatal yang mengganggu. Kondisi ini pun dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang akan kita bahas nanti.

Perbedaan Kulit Kepala Kering (Dry Scalp) dan Ketombe (Dandruff)

Sebelum membahas lebih lanjut apa penyebab kulit kepala kering, supaya memudahkan Ladies and Gentlemen membedakan masalah kesehatan rambut yang satu ini dengan ketombe. Karena banyak sekali yang akan mengira semua serpihan putih yang muncul adalah ketombe. Apa sih perbedaannya?

Meskipun sekilas tampak sama, perbedaan dapat kamu lihat pada:

1. Perbedaan bentuk

Saat kulit kepala dalam kondisi kering akan menimbulkan serpihan-serpihan kecil berwarna putih, kering, dan ringan sehingga mudah jatuh di pakaianmu. Berbeda dengan ketombe yang memiliki bentuk lebih besar dan tidak mudah jatuh, biasanya menempel pada kulit kepala atau pada batang rambut.

2. Perbedaan warna

Warna serpihan pada kulit kepala yang kering adalah putih, biasanya lebih terang daripada ketombe. Sedangkan serpihan ketombe berwarna kekuningan hingga putih. Jika kamu dapat mengambil serpihan dengan tanganmu, kemungkinan besar itu adalah ketombe.

3. Perbedaan tekstur

Tekstur serpihan kulit kepala kering tentu saja kering dan ringan. Sedangkan ketombe memiliki tekstur yang bersisik dan berminyak karena disebabkan oleh kulit kepala yang berminyak atau karena jamur.

Penyebab dry scalp tentu saja karena kulit kepala yang kekeringan, berbeda dengan ketombe yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih atau jamur dan bakteri yang menumpuk pada kulit kepala serta menyebabkan gatal.

Ciri-Ciri Kulit Kepala Kering (Dry Scalp)

Setelah sudah tahu perbedaan kulit kepala kering dan berketombe, sebaiknya langsung kamu tangani sebelum. Karena pemilik masalah rambut ini akan mengalami ciri-ciri berikut ini yang pasti akan mengganggu aktivitas kamu.

Simak ciri-ciri kulit kepala kering berikut ini!

1. Rambut rontok

Dry scalp atau kulit kepala yang kering dapat menyebabkan rambut rontok loh, Ladies and Gentlemen. Dikarenakan karena kondisi rambut yang kurang lembab, menyebabkan batang rambut menjadi kering hingga rontok. Segera tangani kondisi ini sebelum rambutmu menjadi rontok parah ya Ladies and Gentlemen.

2. Kulit kepala terasa gatal

Siapa sih yang menyukai ketika kulit kepala terasa gatal? Dry scalp dapat membuat kamu tidak fokus pada pekerjaan atau aktivitas kamu karena menimbulkan rasa gatal yang tak ada habisnya. Dan tentunya ketika kulit kepala gatal akan membuatmu merasa kulit kepala kotor dan tidak bersemangat menjalani hari.

3. Muncul serpihan putih

Seperti yang sudah kita bahas di atas, dry scalp sering disalah artikan dengan ketombe karena sama-sama menimbulkan serpihan putih. Sudah tahu kan perbedaan serpihan putih pada kulit kepala kering dan kulit kepala berketombe.

Penyebab Kulit Kepala Kering

Duh, kenapa sih harus mengalami kondisi kulit kepala kering seperti ini. Mungkin Ladies and Gentlemen sudah ingin cepat-cepat mengobati masalah yang satu ini. Tapi apa sih penyebab kulit kepala menjadi kering?

Kulit kepala kering

1. Suhu yang dingin

Bukan hanya kulit tubuh saja dapat merasakan kekeringan saat terpapar suhu yang dingin. Biasanya saat kedinginan, kulitmu terasa kering dan kaku sehingga kamu membutuhkan lotion untuk melembabkannya bukan? Sama halnya dengan kulit kepala. Suhu dingin akan membuat kulit kepala kehilangan minyak alaminya dan tidak otomatis melembabkan kulit kepala. Jika kamu sering berada di ruangan yang dingin atau ada pada tempat dengan suhu rendah, sebaiknya perhatikan kebutuhan rambut kamu dan lakukanlah perawatan agar rambut senantiasa lembab dan tidak memiliki masalah ini.

2. Eksim

Penyebab selanjutnya adalah eksim. Eksim dapat dibilang juga penyebab utama dari kulit kepala kering. Eksim timbul dari reaksi atau respon dari sistem kekebalan tubuh ketika terpapar zat atau bahan-bahan berbahaya. Eksim juga dapat timbul jika kamu memiliki alergi. Mungkin saja zat yang digunakan tidak cocok, menyebabkan eksim dan membuat kulit kepalamu menjadi kering.

3. Psoriasis

Mungkin Ladies and Gentlemen sudah sering mendengar penyebab ini. Psoriasis disebabkan oleh gangguan sistem imunitas yang menyebabkan kulit kepala tumbuh dengan mudah dan lebih cepat. Psoriasis juga dapat menyerang bagian leher dan kening. Psoriasis ditandai dengan kulit kepala memerah, menumpuk dan bersisik serta menimbulkan rasa gatal.

4. Dermatitis Seboroik

Selain menjadi penyebab ketombe, dermatitis seboroik juga dapat menyebabkan kulit kepala kering. Penyebab dermatitis seboroik bisa karena peradangan atau hampir sama dengan psoriasis, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh jamur malassezia pada kulit kepala. Dermatitis seboroik dapat ditandai dengan kulit kepala memerah, bersisik hingga rambut rontok.

5. Produk perawatan rambut

Penggunaan produk perawatan rambut juga perlu diperhatikan. Bagi Ladies and Gentlemen yang sudah mengerti apa saja kandungan yang sebaiknya dihindari, maka di sini akan diingatkan lagi bahwa kandungan sulfate pada shampo sungguh tidak cocok untuk kamu yang membutuhkan kelembaban pada kulit kepala dan rambut. Menggunakan produk perawatan rambut dengan sembarangan atau tidak melihat kondisi rambut dan kulit kepala juga tidak disarankan, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut dan kulit kepala kamu ya.

6. Dehidrasi

Kita sudah tahu mengkonsumsi air putih memiliki banyak sekali manfaat. Hayo.. siapa nih Ladies and Gentlemen yang tidak menyukai air putih? Air putih baik untuk melembabkan dari dalam. Kekurangan air putih dapat menimbulkan berbagai masalah salah satunya dry scalp. Kulit kepala akan gagal memproduksi minyak alami dan menyebabkan kulit kepala kekurangan kelembabannya.

Cara mengatasi kulit kepala kering

Ada masalah, tentu ada solusinya. Daripada kamu sedih karena kondisi yang menyebalkan ini, ayo dicatat cara mengatasi kulit kepala kering berikut ini.

1. Ganti produk perawatan rambut yang tepat

gunakan produk rambut keriting yang aman

Mengganti produk perawatan rambut yang sesuai dengan kondisi rambut lebih disarankan. Perhatikan juga kandungan yang ada pada produk, hindari sulfate untuk kulit kepala yang kering. Jika kamu memiliki alergi sebaiknya hindari zat-zat yang dapat menimbulkan reaksi pada alergi.

2. Jaga asupan gizi

Jaga asupan gizi untuk rambut sehat

Perhatikan asupan makan dan minum ya Ladies and gentlemen. Penuhi kebutuhan vitamin B12 dan ingat, jangan malah untuk minum air putih. Demi perawatan dari dalam yang sangat efektif.

3. Lidah buaya

Lidah buaya untuk rambut keriting

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kulit kepala yang kering. Ambil gel lidah buaya dan aplikasikan pada kulit kepala sebelum keramas. Diamkan kurang lebih 10 menit kemudian bilas dengan shampo hingga bersih. Jangan lupa gunakan conditoner. Lakukan secara rutin untuk perawatan kulit kepalamu ya.

4. Yoghurt dan Telur

yoghurt rambut keriting

Kandungan protein pada telur dicampur dengan lemak pada yoghurt dapat dijadikan bahan untuk merawat kulit kepala yang kering. Pilih yoghurt dengan rasa tawar atau plain ya. Aplikasikan seperti penggunaan masker, diamkan 15-20 menit kemudian bilas hingga bersih.

5. Minyak Alami

minyak zaitun olive oil untuk rambut keriting kering

Minyak alami yang dapat kamu gunakan adalah minyak zaitun yang dapat menjaga kelembaban kulit kepala, minyak kelapa juga dapat menjadi alternatif lain untuk perawatan kulit kepalamu. Kamu juga bisa menggunakan tea tree oil untuk mengatasi kulit kepala yang kering. Aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan kurang lebih selama 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan shampo.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Mengembang

Nah, tidak sulit kan mengatasi kulit kepala yang kering. Kuncinya adalah mengetahui terlebih dahulu apakah yang kamu alami dry scalp atau kulit kepala berketombe. Berbeda masalah dan penyebab berbeda pula cara mengatasinya. Bahan yang digunakan untuk perawatan juga perlu kamu sesuaikan dengan kondisi kulit kepalamu, jadi jangan lelah untuk mencari tahu terlebih dahulu ya Ladies and gentlemen.